Kasat Lantas Polres Madina : Perpanjangan SIM bisa secara Online

sentralberita | Madina~ Kepolisian Republik Indonesia me-launching aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) yang melayani pengurusan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Dengan peluncuran aplikasi ini, masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan SIM tidak perlu repot lagi harus ke kantor satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas) di kantor Polres. Cukup dengan mengunduh aplikasi SINAR di play store smartphone. Aplikasi ini berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia yang ingin mengurus perpanjangan SIM, termasuk masyarakat Kabupaten Madina.

Demikian disampaikan Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi melalui Kepala satuan lalu lintas AKP Septian Dwi Rianto kepada wartawan, selasa (13/4/2021).

pengurusan perpanjangan SIM secara Online mulai berlaku hari ini 13 April 2021. Masyarakat tinggal menunduh aplikasi SINAR di smartphone masing-masing. Daftarnya secara online,” katanya.

pemohon tidak perlu lagi repot datang ke tempat lokasi pembuatan SIM dan juga melakukan antrian untuk proses pembuatan SIM seperti yang sebelumnya, dari Madina sudah siap hanya saja aplikasinya dari pusat. Apabila tahapannya sudah dilalui dan berkas sudah lengkap kami akan menindaklanjuti sesuai ketentuan,” Jelasnya.

Polisi berpangkat balok 3 emas dipundaknya itu juga mengatakan ada perbedaan perpanjangan SIM dengan pengurus yang masih pemula menggunakan SIM.

Untuk mereka yang mengajukan pembuatan SIM baru harus tetap datang ke Satpas untuk melakukan praktik secara langsung di tempat pembuatan SIM, meski harus terlebih dahulu melaksanakan uji teori yang terdapat pada aplikasi Sinar, jadi pendaftarannya untuk SIM baru bisa melalui aplikasi, begitu juga denga uji teori dan psikologi melalui aplikasi. Namun uji praktik tetap datang ke satpas,” tutupnya.(hc)