Walikota Medan: “Pak Kepling, ke Depannya Tolong Lebih Perhatian dan Peduli dengan Warga”

sentralberita|Medan~Rasa sedih dan prihatin dirasakan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM saat mengunjungi rumah seorang warga di Lingkungan 6, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai, Kamis (11/3). Nek Syarifah, begitu wanita yang sudah sepuh tersebut dipanggil.

Pasalnya, ia tinggal seorang diri di sebuah rumah dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Sontak, kondisi tersebut membuat mata Wali Kota berkaca-kaca karena turut merasakan kesusahan yang dialaminya.

“Alhamdulillah, hari ini saya dan istri bisa mengunjungi Nek Syarifah untuk melihat kondisi baik kesehatan maupun tempat tinggal Nek Syarifah,” kata Wali Kota seraya mendengarkan keluh kesah Nek Syarifah yang membuat dirinya merasa iba.

Kunjungan ini bukanlah yang pertama kali dilakukan Wali Kota. Sebab, sekitar bulan Oktober 2020 lalu, orang nomor satu di Pemko Medan tersebut telah datang mengunjungi Nek Syarifah untuk melihat kondisi rumah yang ditempatinya seorang diri tersebut.

Dalam kunjungan kedua ini, Wali Kota mengajak istri tercinta sekaligus Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu STP MM dan juga tampak turut merasakan kesedihan serta prihatin melihat kondisi Nek Syarifah. Apalagi, kepada menantu dan anak Presiden RI Joko Widodo tersebut, Nek Syarifah mengaku bahwa rumahnya baru saja kemalingan dan mengakibatkan beberapa barang miliknya hilang dicuri.

“Pak kepling, ke depannya tolong lebih perhatian dan peduli dengan warga. Lihat, ada warga yang kondisinya sangat memprihatinkan begini. Setiap hujan, kebanjiran. Jadi, tolong urus semua surat-surat pendukungnya agar kita dapat merenovasinya,” pesan Wali Kota mengingatkan.

Tidak hanya sekedar mengunjungi, Wali Kota juga minta camat Medan Denai dan perangkat wilayah untuk membenahi parit di sekitar rumah tersebut, agar jika hujan turun, air dapat mengalir dan tidak menggenangi rumah Nek Syarifah lagi. Sebelum meninggalkan lokasi, Wali Kota dan Ketua TP PKK memberikan bingkisan untuk Nek Syarifah yang telah berusia 70 tahun tersebut.

Di sisi lain, kehadiran Wali Kota dan istri tercinta saat mengunjungi rumah Nek Syarifah mendapatkan respon positif warga. Terlihat, warga setempat begitu kagum dan bangga atas kepedulian Wali Kota, bahkan saat melintas banyak warga memanggil-manggil namanya.

Salah seorang warga, Hj Erna Siregar, tetangga Nek Syarifah ikut dimintai tolong oleh Wali Kota agar membantu urusan Nek Syarifah. Lantaran Nek Syarifah sudah sepuh dan sudah mulai sulit komunikasi, maka Hj Erna Siregar diminta membantu mencari anak Nek Syarifah dan meminta berkas yang dibutuhkan untuk merenovasi rumahnya.

“Iya saya tadi diminta Pak Wali Kota bantu nenek ini. Memang kamilah tetangganya yang selalu membantu Nek Syarifah kalau ada apa-apa. Tadi kata Pak Wali jika urusan surat dari anak-anaknya bisa didapat, disuruh laporkan dengan kepling,” kata Hj Erna.

Hendri, warga setempat pun siap memantau kinerja aparat kecamatan agar Nek Syarifah mendapat bantuan. Terlebih Wali Kota juga perintahkan kepling agar membantu mengurus BPJS Kesehatannya.

“Kami salut dan bangga, Pak Wali Kota Medan mau turun ke lapangan. Bawa istri lagi langsung lihat kondisi rakyat kecil begini. Kami sangat apresiasi dan bersyukur. Semoga kinerja Pak Wali Kota bisa diikuti bawahannya, jadi ada perubahan di Kota Medan ini,” ujar Hendrik.(SB/KU)