Menuju PON XXI/2024, Sinergitas Dispora dengan KONI Harus Lebih Ditingkatkan

sentralberita|Medan~Sinergitas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) harus lebih ditingkatkan, apalagi Sumut mengemban tugas dan tanggungjawab besar menjadi tuan rumah PON XXI/2024 dengan Aceh.

Kadispora Sumut Ir Ardan Noor MM mengatakan hal itu dalam pertemuan dengan pengurus KONI Sumut pimpinan John Ismadi Lubis di Aula Pemuda Kantor Dispora Sumut Jalan Pancing (Williem Iskandar), Jumat (12/3).

Ini adalah pertemuan formal pertama kalinya antara pimpinan Disporasu dan KONI Sumut, setelah Ardan Noor dilantik dan dikukuhkan menjadi Kadispora Sumut menggantikan H Baharuddin Siagian oleh Gubsu Edy Rahmayadi 18 Februari lalu.

Dalam pertemuan ini, Ardan didampingi Sekretaris Dispora Rudi Rinaldi S.Sos MAP, Kabid Pembudayaan Olahraga Hj Dahliana SH MSi, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Drs Josua Sinurat MM, Kabid Pelayanan Pemuda M.Thohir.S.Pd, Kabid Sarana dan Prasarana Syahruddin SE MM, Kepala UPT Sekolah Pembakatan Olahraga Budi Sahputra.SP.d.

Sementara John Lubis yang kembali terpilih menjadi Ketua Umum KONI Sumut dalam Musprov di Berastagi akhir Januari lalu, hadir bersama Wakil Ketua I-III Prof Agung Sunarno, Sakiruddin SE MM dan Kishariyanto Pasaribu, Sekum Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd, Wakil Sekretaris Drs Mesnan M Kes, Wakil Bendahara Drs TP Sihombing, Kabid Binpres Dr Budi Valianto MPd dan Humas Hamonangan Panggabean S Sos, Jonny Ramadhan Silallahi SH serta Pujianto S.Sos.

Ardan dalam kesempatan tersebut juga menyebutkan, antara Dispora dengan KONI tidak lagi sekadar mitra, tapi sudah merupakan keluarga. Karenanya ia berharap, kedua lembaga perpanjangan tangan pemerintah dalam mengurusi olahraga ini, harus lebih meningkatkan sinergitas, dengan saling isi mengisi dan saling membantu.

‘PON XXI/2024 Aceh-Sumut sudah di depan mata.Waktu tiga setengah tahun tidak lagi lama. Dispora butuh bantuan KONI terkait hal-hal tehnis soal olahraga.Apalagi saya orang baru di dunia olahraga. KONI juga perlu dukungan Dispora.

Karenanya mari kian saling bergandengan tangan dengan meningkatkan sinergitas untuk mengantarkan Sumut sukses menjadi tuan rumah PON seperti arahan dan keinginan Gubsu Edy Rahmayadi,” ujar Ardan.

“Kami sudah membentuk tim ahli yang nantinya diharapkan bisa membuahkan eksen dan juga program dengan baik sehingga penggunaan anggaran juga efektif sesuai tupoksi,” tambahnya.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis dalam kesempatan tersebut mengatakan pihaknya siap mendukung Dispora Sumut karena tugas KONI adalah membantu pemerintah di bidang olahraga prestasi.

John juga menjelaskan, kepengurusan KONI Sumut 2021-2025 sudah disahkan KONI Pusat.

“SK tersebut segera kami jemput ke Jakarta. Izin Pak Kadispora, dalam kepengurusan juga terdapat tiga Kabid Disporasu yang semuanya merupakan legend olahraga Sumut yakni Rudi Rinaldi, Dahliana dan Josua Sinurat,” ujar John.

Dalam kesempatan tersebut John berterimakasih kepada Kadispora, gedung PPLP bisa digunakan untuk Pelatda PON Papua 2021 untuk cabor Bola Voli.

” Kami juga mengharapkan bantuan Bapak kalau bisa Wisma Atlet di Jalan Pancing juga bisa digunakan untuk atlet Pelatda,” ujar John.

“Kami siap bersinergi dengan Dispora. Hubungan KONI Sumut-Disoorasu yang sudah baik selama ini, diharapkan lebih baik lagi di masa kepemimpinan Pak Ardan Noor,” ujar John Lubis.(SB/01 )