Vaksinasi Nakes di Medan, Binjai, Deliserdang Masih 35 Persen

sentralberita | Medan ~ Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut), Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap pertama terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Medan, Binjai Deli Serdang (Mebidang), masih terus dilaksanakan.

“Sampai saat ini, proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan di Mebidang, masih dalam kisaran 35 persen,” ujar Alwi Mujahit Hasibuan, Kamis (28/1).

Namun Alwi tidak menyebut perincian jumlah tenaga kesehatan yang sudah disuntik vaksin Covid-19 tersebut.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah menyampaikan, ada 164 orang di Medan yang ditunda dan 134 batal divaksin, Binjai ada 71 orang yang ditunda dan 100 orang batal.

“Untuk di Kabupaten Deli Serdang ada 427 orang yang vaksinasinya ditunda dan 247 orang batal,” katanya sambil menambahkan, pembatalan dan penundaan untuk disuntik vaksin kemungkinan akan bertambah.

Menurutnya, penundaan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan itu karena ada kegiatan tugas. Sedangkan yang dibatalkan dengan pertimbangan belum memenuhi kriteria sebagai orang yang turut divaksinasi.

“Bagi tenaga kesehatan yang tertunda melakukan vaksinasi tentunya tetap akan diberikan suntikan vaksin. Namun untuk tenaga kesehatan yang dibatalkan itu, tergantung petunjuk dari pusat,” sebutnya. (bs/ras)