Petugas Tingkatkan Patroli di Kaki Sinabung

sentralberita | Karo ~ Aparat kepolisian bersama TNI meningkatkan patroli di kawasan zona merah di empat kecamatan yakni, Kecamatan Naman Teran, Merdeka, Berastagi, dan Dolat Rayat, pascameningkatnya aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Karo, Natanail Paranginangin mengatakan, tim gabungan menyiapkan sejumlah kendaraan truk di setiap kecamatan untuk mengevakuasi masyarakat yang secara sembunyi-sembunyi memasuki zona larangan tersebut.

“Sampai saat ini, situasi masih aman dan terkendali. Tim gabungan masih terus berjaga-jaga di daerah rawan bencana ini. Kawasan zona merah juga sudah kosong. Petugas meningkatkan patroli untuk memastikan tidak ada warga di kawasan zona merah,” ujar Natanail, Senin (18/1/2021).


Selain meningkatkan patroli, Natanail menyebutkan, satu unit Armoured Water Canon (AWC) Polres Tanah Karo, juga perbantukan di lapangan untuk membantu petugas pemadam kebakaran (damkar) membersihan insfrastruktur dari abu vulkanik Gunung Sinabung.

Natanail menyampaikan, petugas BPBD bekerja sama dengan TNI/Polri masih terus berada di lapangan melakukan pembersihan jalan di sejumlah kawasan jalan yang terpapar abu vulkanik. Petugas gabungan juga melakukan sosialisasi sekaligus membagi bagikan masker di tengah masyarakat.

“Kita meminta masyarakat untuk jangan dulu memasuki kawasan zona merah, yang bisa membahayakan keselamatan jiwa korban bencana. Pemerintah juga menurunkan petugas kesehatan di sejimlah kawasan untuk menangani kesehatan masyarakat di sana,” sebutnya. (bs/ras)