MTQN I Klambir Lima Kebun Dibuka

sentralberita | Medan ~ Kepala Desa (Kades) Klambir Lima Kebun, Suhendra, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) I tingkat Desa Klambir Lima Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Rabu (20/1/2021) malam. MTQN I tingkat desa itu menggunakan dana desa dan dibantu sejumlah donatur diantaranya Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Golkar, H.Wagirin Arman.

Pembukaan MTQN I Desa Klambir Lima Kebun itu dihadiri Kades, Tokoh Masyarakat Klambir Lima yang juga Anggota DPRD Sumut, Wagirin Arman, Camat Hamparan Eko Sapriadi, Bupati Deliserdang diwakili Kasubag Bina Mental Spritual Kesra,Sugito , SPdI, Kepala KUA Hamparan Perak, Zainal Arifin, Wakil Ketua Partai Golkar Kabupaten Deliserdang, Gandhi Panigoro , Polsek Hamparan Perak dan anggota DPRD Deliserdang Rahman dan Adami.
.
Ketua Panitia Pelaksana, Ustadz Muhammad Yusrija dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQN tersebut dilaksanakan pada 20 – 23 Januari 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 102 orang terdiri dari 21 dusun di Desa Klambir Lima Kebun. “Termasuk salahsatu pesertanya turut ikut kepala dusun dan isterinya .

Dia menegaskan, selama kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan ( Prokes ). Dia berharap kegiatan ini suskes dan melalui kegiatan ini Sesa Klambir Lima Kebun dilimpahkan Allah SWT Rahmat dan berkahnya, hingga dijauhkan dari segala bencana dan penyakit.

“Akhirnya atas nama panitia menyampaikan terimakasih kepada ayahanda kami Wagirin Arman selaku tokoh masyarakat dan anggota dewan, yang memberikan kami banyak masukan maupun bantuan dana lainnya,”sebutnya.

Sementara itu, Wagirin Arman atas nama tokoh masyarakat mengajak kalangan masyarakat Desa Klambir Lima Kebun agar menginplementasikan isi kandungan Alquran dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari. Sebab dia menegaskan, Alquran merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia.

“Sehingga para setiap pelantikan pejabat apapun dia, jika dia seorang muslim maka dia disumpah atas nama Alquran. Ini membuktikan bahwa Alquar ini begitu pentingnya bagi kehidupan kita, agar selalu kita terapkan dan amalkan dalam aktivitas dan amanah yang kita jalani,”sebut Wagirin yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD SU (BKD) .

Wagirin menekankan, penyelenggaraan MTQN di Desa Klambir Lima Kebun harus dijadikan momentum bagi kalangan masyarakat Deliserdang untuk mencari bibit -bibit Qori-Qoriah dan Hafidz dan Hafizah Alquran agar bisa tampil ke tingkat lebih tinggi selanjutnya.

Untuk itu, Wagirin berharap MTQN Pertama Desa Klambir Lima Kebun menjadi contoh bagi desa lainnya di Deliserdang, agar masyarakat mengamalkan Al-Qur’an dan ajarannya.

Lebihlanjut Kades Klambir Lima Kebun, Suhendra menyatakan kegiatan ini terinspirasi dari tokoh masyarakat Wagirin Arman yang selama 30 tahun hingga kini menyelenggara kegiatan yang sudah jadi kearifan lokal yakni kegiatan Takbir Akbar . “Motivasi dilaksanakannya MTQ ini juga berkaitan desa kami yang jauh sebelumnya telah ditimpa bencana baik angin puting beliung, dan bencana lainnya. Sehingga lewat kegiatan ini kita berharap desa kami akan datang barokah dan ridho dari Allah SWT , sehingga kedepannya desa kami diberikan keberkahan,”ucapnya. .

Sedangkan, Kasubag Bina Mental dan Spritual Kesra Deliserdang, Sugito mewakili Bupati mengakui bangga tingkat desa bisa melaksanakan MTQ yang begitu bagus bagaikan tingkat kabupaten. “Sayangnya kegaitan ini terhalang Covid sehingga tidak bisa begitu banyak.menghadirkan massa,”sebutnya.

Dia megakui bupati akan terus memberikan apresiasi dan bantuan atau bonus bagi siapa saja juara MTQ di Deliserdang. “Mudah-mudahan kegiatan ini diikuti oleh desa lainnya di Deliserdang, agar banyak.menghasilkan bibit hafidz dan hafizah serta qori dan Qoriah alquaran sehingga para peserta MTQ kedepannya bena-benad putra darea Deliserdang

“Bupati sangat mengharapkan semua kita untuk.membimbing anak kita untuk mempelajari Alquran. Kami dari Bina Mental juga siap.turun ke desa desa untuk membimbing masyarakat dan menyediakan guru-guru mengaji,”ucapnya.

Selanjutnya usai pembukaan MTQ, dilakukan Pelantikan Dewan Hakim yakni : Ketua Hakim : Zainal Arifin , Sekretaros M.Ali Ihsan, dan anggota yakni Zanuar, M.Ridwan, Zainuddin, Rivi Hamdani, dan Wahyu Santoso. Pembukaan MTQ juga diisi dengan Pelantikan Pengurus LPTQ Desa K.Lima Kebun. (01/ras)