Masalah Suplai Gas Normal, Listrik di Medan Kembali Menyala

sentralberita | Jakarta ~ Aliran listrik di wilayah Medan, Sumatera Utara sudah kembali berjalan normal. Perta Arun Gas (PAG) telah memperbaiki suplai gas untuk beberapa pembangkit listrik di Arun dan Belawan.

Sebelumnya pada Selasa (19/1) sempat terjadi gangguan proses regasifikasi di PAG sehingga menghambat suplai gas untuk kebutuhan beberapa pembangkit listrik di Arun dan Belawan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, M. Irwansyah Putra menerangkan PLN dan PAG berkoordinasi untuk menyelesaikan permasalahan gangguan regasifikasi yang terjadi. Ia menjelaskan untuk memenuhi suplai listrik PLN memberdayakan seluruh pembangkit berbahan bakar minyak, sehingga pada Selasa (19/1) pukul 23.34 WIB seluruh aliran listrik kembali normal.

“Dengan normalnya aliran gas yang menyuplai pembangkit Arun dan Belawan ini, bisa dipastikan pembangkit bisa beroperasi penuh” kata Irwansyah dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).

Irwansyah menegaskan pemadaman listrik bukan disebabkan permasalahan pada pembangkit, melainkan murni karena suplai gas terganggu sehingga mengakibatkan mesin pembangkit tidak dapat beroperasi.

Berdasarkan pantauan Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU), pasokan gas dari PAG sejak pukul 05.30 WIB sudah berangsur normal. Secara paralel unit pembangkit langsung melakukan persiapan start kembali menunggu tekanan gas cukup.

“Dengan kondisi saat ini, kami bisa pastikan aliran listrik warga sudah kembali seperti sediakala” imbuh Irwansyah. (dtf/ras)