Dosen USU Pulang Kampung Bangun Masjid di Batubara

sentralberita|Batu Bara~Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Drs. H. Tukiman, M.Km didampingi istrinya Dra. Hj Yuspahanum Adnan Ms pulang kampung halaman, dan bangun Masjid Nur Zaujein di Dusun VII Desa Mangkai Baru, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara,

“Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nur Zaujein dilaksanakan, Kamis, (17/12/2020) dihadiri Kepala Desa Mangkai Baru Yanti Sugiyanti, Kades Mangkai Lama Syadarliksyah Purba.

Drs. H. Tukiman mengatakan terimakasih kepada Ibu Herlina Tanjung yang telah tulus dan ikhlas menghibakan tanahnya yang begitu luas untuk pembangunan Masjid Nur Zaujein dengan luas 24 meter x 30 meter untuk kepentingan ummat.

” insha Allah pembangunan Masjid ini dapat kita segerakan terwujut, dan saya bersama istri sejak lama berniat untuk membangun rumah ibada ini, ternyata, ada hamba Allah yang ikhlas berhiba, dengan harapan semoga pahalanya dapat mengalir kepada orang – orang tua kami,” sebut H Tukiman yang sudah lama hizra di kota Medan itu.

Sementara Herlina Tanjung dalam sambutannya sambil meneteskan air mata berucap, tanah yang dihibakan/ diwakapkannya ini sejak 10 tahun yang lalu sudah dibelinya, ” untuk mewakapkan tanah ini sudah lama saya niatkan, tapi belum ada orang yang tepat, ” tapi ini lah jodoh, kepada bapak Tukiman hati saya terniat ikhlas, apa lagi untuk membangun masjid, saya sangat ikhlas,” sebutnya sambil menahan rasa haru.

Kepala Desa Mangkai Baru Yanti Sugiyanti menyambut baik niat kedua belah pihak, baik kepada Herlina Tanjung selaku penghiba tanah dan begitu juga kepada Drs. H Tukiman bersama istri yang begitu tulus untuk mendirikan sebuah bangunan Masjid untuk kepentingan ummat ” Semoga amal ibadah bapak ibu mendapat ridho dari Allah SWT, ” ujar Kades Mangkai Baru.

Dalam kesempatan itu, abang kandung Dra. Hj Yuspahanum yang paling tertua Letkol Haris Fadillah Adnan Ms yang turut dalam peletakan batu pertama menyampaikan, jangan lha kumpulkan harta kalau tidak bermanfaat, tapi renungkanlah untuk berbuat kebaikan untuk ibadah. Dia juga mengajak kedepannya untuk memakmurkan Masjid Nur Zaujein.

Ustazd Adlan Tahir,SPd yang juga selaku pembina kaum mualaf, se – Sumatera Utara dalam ceramahnya menyampaikan, insha Allah apa yang kita lakukan hari ini mendapat Ridho dari Allah. ” Kita pada hari ini menangis dan terharu karena merasa bahagia, apa bila ada se- seorang anak manusia mampu berbuat ke jalan Allah, sepanjang Masjid ini nantinya berdiri pahalanya tetap mengalir. Banyak – banyak lah berdoa untuk kedua orang tua kita,” pintanya.

Hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nur Zaujein, Drs. H Tukiman,M.Km beserta anak istri, Letkol Adlan Fadillah beserta istri, Ustazd Adlan Tahir,S.Pd, Ketua PD Perempuan Partai Golkar Kab. Asahan Nur Ainun,SPd, Herlina Tanjung, Sekretaris Capil Batubara Doyok dan istri,

Drs. Ramlan M.Santoso Kepala Desa Mangkai Baru Yanti Sugiyanti, Kades Mangkai Lama Syadarliksyah Purba, Ketua BPD Mangkai Lama, Ketua BPD Mangkai Baru Paidi, Ustadz H.Edi Syufri, tokoh agama, toko masyarakat, para kadus.(SB/ru)