Bangunan Jalan Hotmix Cinta Damai-Kubah Kelambu Retak & Terkelupas

sentralberita|Batu Bara~Perkerjaan peningkatan ruas jalan di Cinta Damai Desa Pematang Panjang menuju Kubah Kelambu Desa Sukaramai Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, dengan nomor kontrak 1606676 / PKP PK / SP / DPUPR-BB, ditampung pada P-APBD Batu Bara bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan pagu anggaran Rp,9.609.591.932,61 dan dikerjakan  PT. Karya Prima Kontrindo.

Pantauan awak media di lapangan, Rabu (30/11/2020) pada bagian tengah lokasi proyek terlihat truk masih menurunkan sertu untuk pembuatan base.

Pengerjaan hotmix pada banyak titik terlihat telah retak-retak bahkan terkelupas, dan kondisi jalan tersebut diduga akibat base basah dan tidak dilapisi ter (aspal) cair sebagai pengikat agar hotmix menyatu dengan base.

Menanggapi Ketua BPI KPNPA Rl Kabupaten Batu Bara, Darmansyah mengatakan, kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan PT. SMI untuk tidak merealisasikan pinjaman dana PEN senilai Rp 78,8 miliar yang diperuntukkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Batu Bara.

Menurutnya, dari beberapa kegiatan sumber dana PEN di Kabupaten Batu Bara tidak sesuai harapan masyarakat, khususnya pembangunan infrastruktur, sebutnya

“Salah satu contoh pada pengerjaan peningkatan Ruas Jalan Cinta Damai menuju Kubah Kelambu Kecamatan Air Putih yang dikerjakan oleh PT. Karya Prima Kontrindo.

Diduga selain pematangan badan jalan yang tidak maksimal, penghamparan¬† hotmix dilakukan pada saat base belum benar-benar kering atau padat, sehingga mempengaruhi suhu hotmix, dan mengakibatkan retak retak, patah dan terkelupas”, papar Darmansyah.(SB/rd)