KNPI Sumut Apresiasi & Akan Hadir Penanaman Bibit Eucalyptus UKM JBM

sentralberita|Medan~Pengurus Usaha Kecil Menengah Jurnalis Bina Mandiri (UKM JBM) audiensi ke Ketua KNPI Sumut El Adrian Shah di kediamannya Jalan Karya Budi Medan Johor sekaligus penyerahan bibit eucalytus dan sanitizer secara simbolis yang dihasilkan oleh IPTEK USU bekerjasama dengan PT Toba Pulp Lestari (TPL) , Jum’at (27/11/2020) sore.

Kehadiran pengurus UKM JBM yang dimotori Fakhruddin, Waliyono dan Husni Lubis serta dihadiri Dedy Armaya dari PT TPL, menemui Ketua KNPI Sumut El Adrian Shah, untuk mengundang ikut berpartisipasi hadir pada kegiatan penanaman bibit Pohon Eucalytus di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata Medan, pada Rabu, 2 Desember 2020 mendatang.

“Kami dari UKM JBM mengundang pak El Adrian Shah selaku DPD KNPI Sumut berkenan hadir pada acara penanaman bibit eucalyptus tersebut dan pada acara itu juga dilakukan demo penyulingan daun eucalyptus untuk menghasilkan minyak atsiri secara tradisional,”ujar Fakhruddin.

Selanjutnya, Kocu panggilan akrabnya menyampaikan, pada cara tersebutjuga dilakukan launching produk-produk UKM Jurnalis Bina Mandiri berbahan dasar dari minyak atsiri seperti sabun cair dan padat, hand sanitizer, aromaterapi dengan menghadirkan Pengamat Lingkungan Jaya Arjuna dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan kota Medan dalam rangka Hari Pohon Sedunia 2020 yang jatuh pada 21 Nombember 2020lalu.

“Kita harapkan dengan adanya penanaman pohon akan semakin menambah hijau Kota Medan, dan di sisi lain daun eucalyptus dapat digunakan sebagai bahan dasar minyak eucalyptus untuk diproduksi menjadi berbagai produk demi menangkal Covid-19,” ujar Fakhruddin.

El Adrian Shah setelah menyimak maksud kehadirian UKM JBM menemuinya merasa bangga dan terima kasih kreatifitas yang dilakukan UKM JBM yang didalamnya kalangan jurnalis untuk melakukan aktifitas selain menasilkan karya jurnalis.

“Kita sambut dan apresiasi dengan senang hati aktifitas UKM JBM ini dan saya hadir pada acara penanaman bibit eucalyptus di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata Medan mendatang itu,”ujar Ketua KNPI Sumut tersebut.

Menurut mantan Ketua KNPI Medan itu, produk minyak eucalyptus yang sudah dihasilkan seperti sabun, hand sanitizer dan lainya sangat positif, selain bernilai untuk kesehatan juga berpotensi mendatangkan penghasilan material jika dikelola dengan baik.

“KNPI Sumut yang membina pemuda di Sumatera Utara yang di dalamnya berkumpul Organisa Kepemudaan bisa saja kita kerjasamakan nantinya untuk ke depannya,”ujar El Adrian Shah.

Sebelumnya, Ditempat terpisah, Manager Corporate Communication PT TPL, Norma Hutajulu menyatakan pihaknya mendukung penuh kerja sama yang dijalin oleh UKM Jurnalis Bina Mandiri dengan berbagai pihak.

Diharapkan, adanya kerjasama UKM Jurnalis Bina Mandiri akan mampu memproduksi semakin banyak berbagai produk berbahan dasar minyak atsiri karena ketersediaan bahan baku yang cukup,” ujar Norma yang dihubungi wartawan melalui telepon selular.

“Dengan penanaman pohon Eucalyptus yang dilakukan UKM Jurnalis Bina Mandiri, akan memberikan suasana hijau Kota Medan dan memberikan peluang baru dalam peningkatan ekonomi masyarakat, melalui produk yang dihasilkan dengan pemanfaatan minyak atsiri Eucalyptus,” kata wanita yang berparas cantik ini. (SB/01).