Ulama Serukan Umat Jangan Lakukan Demo Anarkis

selantralberita|Medan~ Tuan Guru Batak (TGB), Syekh Dr Ahmad Sabban el Rahmani Rajagukguk, menyerukan agar umat tidak melakukan aksi-aksi demo anarkis.

Sebab, menurutnya aksi demo yang berujung dengan aksi anarkis hanya menimbulkan masalah dan kerugian terhadap sesama.

“Saya berharap sekaligus meminta masyarakat yang kontra Omnibus Law mengedepankan sikap rasional dan menjaga persaudaraan,” katanya, Rabu (21/10).

Ahmad mengungkapkan, bagi pihak yang masih mempersoalkan produk hukum itu menempuh jalur konstitusional yaitu mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jika terpaksa kita turun ke jalan, melakukan demonstrasi maka demonstrasi yang beradab. Menjaga ketertiban sesuai dengan undang-undang,” ungkapnya.

Ahmad menegaskan, demonstrasi memang dijamin undang-undang sebagai konsekuensi Indonesia yang menerapkan sistem demokrasi.

“Tetapi, harus diingatkan aksi demonstrasi yang menimbulkan perbuatan anarkis dapat merusak dan menghancurkan negeri sendiri,” tegasnya.

Ahmad juga menambahkan, dalam menyampaikan aspirasi jangan sampai terprovokasi hasutan-hasutan yang mengakibatkan kepada kehancuran diri apalagi negeri kita.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua merawat keutuhan Negara Indonesia,” pungkasnya.

Diketahui, aksi demo menolak Undang-Undang Omnibus Law di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, beberapa minggu yang lalu berakhir ricuh. Dalam kericuhan ini, puluhan pengunjuk rasa diamankan karena terbukti melakukan tindakan anarkis.(SB/01)