Musa Rajekshah Harapkan IPHI Turut Menjaga Suasana Kondusif Jelang Pilkada Serentak

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah yang juga Ketua IPHI Sumut  memimpin rapat harian IPHI Sumut di Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud Medan, Jumat (4/9).

sentralberita|Medan~Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengharapkan Ikatan Persaudaraann Haji Indonesia (IPHI) se-Sumut netral pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk menjaga suasana kondusif di daerahnya masing-masing.

Tahun ini ada 23 kabupaten/kota di Sumut yang akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkada. “Kita harapkan IPHI kabupaten/kota dapat menjaga suasana kondusif di daerahnya,” kata Musa Rajekshah yang juga Ketua IPHI Sumut saat memimpin rapat harian IPHI Sumut di Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud Medan, Jumat (4/9).

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, mengatakan, secara organisasi IPHI tidak ada memilih calon kepala daerah. Namun secara pribadi diperbolehkan, dengan tetap mengutamakan kondusifitas daerah dan menjaga ukhuwah. “Secara pribadi silahkan, tapi tidak membawa organisasi ke ranah politik, karena IPHI ini adalah organisasi persaudaraan,” ujar Ijeck.

Selain itu Ijeck mengajak anggota IPHI untuk memperbanyak kegiatan sedekah maupun zakat, selain kegiatan haji. Menurutnya, sedekah bisa ditujukan untuk kemaslahatan umat, di antaranya pembangunan rumah ibadah, madrasah hingga kegiatan dakwah.

“Selama ini IPHI hanya berkegiatan dalam pelaksanaan haji. Kita juga bisa berbuat untuk umat melalui infaq, sedekah, zakat. Dengan itu kita bisa membangun rumah ibadah, madrasah atau untuk kegiatan dakwah kita,” kata Ijeck.

Ijeck berpesan kepada pengurus IPHI Sumut agar terus melakukan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, meski dalam masa pandemi, kegiatan harus tetap terlaksana.

“Melihat suasana Covid ini belum berakhir, dengan menjalankan protokol kesehatan kegiatan tetap telaksana. Kita harus yakin menghadapi ujian dari Allah. Niat kita melakukan ini tentu ibadah dan berbuat untuk umat,” pesan Ijeck. (H17/H19)