Untuk Mengetahui Kesiapan Rumah Ibadah, Vihara Borobudur Ditinjau Akhyar

sentralberita|Medan~ Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau kesiapan penerapan protokol kesehatan di sektor rumah ibadah di Vihara Borobudur yang berada di Jalan Imam Bonjol, Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Selasa (16/6) sore.

Peninjauan tersebut bertujuannya untuk memastikan tempat kesiapan rumah ibadah dalam menerapkan protokol kesehatan jelang penerapan masa normal baru.

Kedatangan Akhyar di rumah ibadah tersebut langsung disambut Lindawaty Roesli selaku Ketua Yayasan Vihara Borobudur Medan. Sebelum masuk ke dalam vihara,

Akhyar terlebih dahulu melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun oleh petugas, lalu mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun di wastafel yang telah disediakan pengurus rumah ibadah.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah-langkah dalam penerapan protokol kesehatan.

Selanjutnya, Akhyar berjalan menuju ke dalam Vihara. Tampak, agar para jemaah taat dan menjaga jarak satu sama lain diletakkan tanda yang tertera pada lantai vihara saat memasuki lokasi tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para jamaah yang ingin beribadah dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini serta bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran virus yang menyerah saluran pernafasan tersebut.

Akhyar menyampaikan bahwa Pemko Medan mendukung dimulainya kembali kegiatan peribadatan yang akan dilakukan di Vihara Borobudur, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan di vihara.

“Kami juga senang serta mendukung dibukanya kembali tempat peribadatan oleh pihak Vihara Borobudur.

Namun, untuk menghentikan penyebaran Covid-19, baik rumah ibadah ataupun tempat-tempat lainnya yang menjadi salah satu pusat keramaian

tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan mengatur jarak antar jemaah, pengecekan suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan dan lain sebagainya,” ucap Akhyar disela-sela peninjauan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Vihara Borobudur Medan Lindawaty Roesli mengucapkan terima kasih kepada Plt Wali Kota Medan yang telah memberikan saran dan masukan kepada pihak vihara mengenai

pemberlakuan penerapan protokol kesehatan. Dengan adanya anjuran protokol kesehatan ini jamaah dapat segera beribadah ke Vihara Borobudur.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Bapak Plt Wali Kota Medan yang sangat memberikan motivasi, tadinya juga kami tidak tau karena umat juga sudah merindukan ingin hadir. Tetapi kami mengatakan belum

boleh, dengan adanya anjuran dan saran yang diberikan Bapak Plt Wali Kota Medan kami akan mulai sedikit demi sedikit dan kami akan atur lebih sempurna,” kata Lindawaty.(SB/01/KR)