Jokowi Perlu Jubir Handal, DR. Emrus Sihombing Pilihan Tepat

sentralberita|Medan~Salah satu pilar utama yang berperan penting, strategis dan urgen dalam penyampaian informasi presiden Jokowi adalah juru bicara presiden (jubir).

DR. Emrus Sihombing

Pengusul Nobel Ekonomi Untuk Jokowi Tahun 2020, Yonge Sihombing, Rabu (3/6 2020) Yonge Sihombing mengatakan, juru bicara presiden Jokowi orang yang diberikan tanggung jawab oleh presiden Jokowi untuk menjelaskan dan mengambarkan kondisi atau situasi yang ingin disampaikan oleh presiden Jokowi kepada publik.

Juru bicara presiden Jokowi memberi keterangan resmi dan sebagainya kepada publik.Juru bicara presiden Jokowi adalah pembicara yang mewakili bunyi lembaga kepresidenan, Juru bicara presiden Jokowi adalah ‘penyambung lidah’ presiden Jokowi.

Maka dalam hal ini kata Yonge Sihombing, salah satu fungsi juru bicara presiden Jokowi adalah menyampaikan informasi-informasi mengenai kebijakan, program, kegiatan, dan capaian presiden Jokowi kepada publik, baik kepada pemerintah daerah, dunia usaha, masyarakat, akademisi, maupun media massa.

Karena itu, Yonge Sihombing yang juga Penulis buku Jokowinomics mengatakan bahwa jubir presiden Jokowi sebaiknya memiliki talenta, perngetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai lembaga kepresidenan, kebijakan, program, kegiatan, dan capaian capaian yang telah dihasilkan oleh presiden Jokowi.

“Jubir presiden Jokowi harus menguasai masalah yang didukung oleh data dan fakta sebagai bukti pendukung”, ujar Yonge mantan staf ahli ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Sebelum tampil dan menyampaikan informasi kepada publik, kata Yonge, Jubir harus mengetahui secara lengkap konteks permasalahan yang terjadi berkaitan dengan lembaga kepresidenan.

Jubir presiden Jokowi harus bisa meyakinkan mana informasi yang pantas untuk disajikan menjadi informasi publik dan mana yang tidak boleh disampaikan.

Dan mengenai informasi publik itu harus berkaitan dengan undang-undang yang terkait.

Jubir presiden Jokowi harus mampu menceritakan sesuatu dengan tepat dan mampu menjelaskan secara detail masalah.

“Bahasa seorang jubir presiden Jokowi adalah sebuah keterwakilan kelembagaan presiden, dan pribadi presiden Jokowi, maka itu mesti lugas, jelas dan mampu dipahami oleh obyek yang meminta keterangan contohnya pers, wartawan, media massa”, kata Dosen FE UNPRI Medan

Bahkan kata Yonge Sihombing, Jubir presiden Jokowi harus menguasai masalah, dan berpenampilan profesional serta menggunakan bahasa santun, baik, serta tata bahasa yang baik pula.

“Jubir presiden Jokowi tidak membahkan bahkan mengurangi hal yang akan dijelaskan, sesuai dengan masalah yang sebenarnya. Dalam hal ini jubir presiden Jokowi mesti jujur”, kata Yonge mantan Capim KPK RI 2019 – 2023.

Di era pemerintahan Jokowi jilid 2, ada kecenderungan penurunan efektifitas jubir presiden Jokowi, sehingga menurunkan kinerja komunikasi presiden kepada publik.

Karena itu, presiden Jokowi perlu jubir yang handal untuk memperkuat komunikasi presiden Jokowi kepada publik.

Jokowi Bisa Pakai Dr. Emrus Sebagai Jubir
Presiden Jokowi bisa pakai Dr. Emrus Sihombing sebagai Jubir Presiden Jokowi.

Emrus memliki talenta, kemampuan dan berpengalaman dalam mengkomunikasikan kebijakan, program, kegiatan dan capaian pemerintahan Jokowi.

Emrus memiliki wibawa dalam memberikan pernyataan.

Selain berwibawa, Emrus tegas ketika menyampaikan pesan. Emrus memiliki wawasan luas dan pengetahuan yang cukup dalam bidang komunikasi politik.

Emrus mampu memberikan penyampaian komunikasi kepada khalayak lewat pemberitaan media, dan dapat dipercaya oleh publik.

Emrus mampu menyakinkan publik saat menyampaikan pesan, baik saat beliau sebagai narasumber maupun saat beliau diwawancarai oleh media.

Emrus siap selalu untuk diwawancarai oleh media massa, dan selalu welcome, bahkan malah suka ‘jemput bola’ untuk media.

Karena itu, saya optimis, Presiden Jokowi akan memakai Dr. Emrus Sihombing sebagai Jubirnya. Semoga dan Amin.(SB/01)