Dibandingkan Tahun Lalu, Penumpang pesawat pada Natal dan Tahun Baru Alami Penurunan

sentralberita|Medan~Jumlah penumpang pesawat pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Penurunan jumlah penumpang itu disebabkan oleh beberapa faktor. Di sisi lain, PT Angkasa PUra II, memberikan souvenir kepada penumpang terakhir dan pertama datang.

Senior Manager of Operation and Service Bandara Internasional Kuala Namu, PT AP II, M. Suwito mengatakan, penurunan jumlah penumpang terjadi sejak pertengahan 2018 hingga saat ini. “Dalam Nataru tahun ini, dari tanggal 19 – 30 Desember, ini minus 10 persen,” katanya.

Pada tahun 2018, pergerakan penumpang mencapai 27.803. Sedangkan tahun ini, hingga 29 Desember, tercatat 25.859, turun sebanyak 1944. Jumlah pesawat, setahun lalu sebanyak 201, tahun ini hanya 186.

Dijelaskannya, penurnan ini diakibatkan oleh dua faktor. Pertama, harga tiket pesawat. Meskipun mengenai harga tiket sudah diatur oleh Peraturan Menteri Nomor 106/2018 dengan adanya batas bawah dan batas atas. “Faktor lainnya, semakin banyak moda transportasi, baik itu kereta bus atau kendaraan lain,” katanya.

Apalagi, saat ini kondisi jalan di Sumatera sudah mulai perbaikan dan ada penambahan jalan tol. Suwito menambahkan, hingga saat ini belum ada kenaikan penumpang karena sudah terjadi pada h-3 Natal. Arus balik, kata dia, diperkirakan akan terjadi pada H+5.

“Dari AP 2, kita akan memberikan suatu sovenir kepada penumpang yang berangkat terakhir dan pertama yang datang,” katanya.(SB/01)