LPTQ Sumut Diminta Terus Lakukan Evaluasi dan Pembinaan

sentralberita|Medan~Kafilah Sumatera Utara (Sumut) diharapkan dapat terus mengukir prestasi terbaik di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional, termasuk MTQ Nasional XXVIII tahun 2020 di Sumatera Barat (Sumbar).

Untuk itu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut diminta terus berbenah dengan melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap para qari-qariah dan hafizh-hafizhah.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika membuka kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Bidang Tilawatil dan Mujawwad Alquran dan Qira’at Saba’ bagi peserta pemenang I, II dan III MTQ / STQ tahun 2017 – 2019, di UPT Asrama Haji Medan, Jalan AH Nasution, Medan, Senin (30/9) malam.

“Saya tidak akan berbicara peringkat yang akan diperoleh, namun yang saya inginkan adanya evaluasi. Berbagai keberhasilan yang telah dicapai selama ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai acuan dan motivasi dalam mewujudkan pembinaan qari-qari’ah, hafizh-hafizhah yang secara nyata dan realistis dalam upaya memberi karya terbaiknya terhadap pelaksanaan MTQ/STQ tingkat nasional nantinya,” ucap Edy Rahmayadi.

Hadir dalam acara silahturahmi itu Ketua LPTQ Sumut Ahmad Muhajir, pengajar dan mantan Menteri Agama Indonesia Said Agil Husin Al Munawar, anggota dan pengurus LPTQ Sumut, serta para qari-qari’ah dan hafizh-hafizhah Sumut.

Menurut Edy, evaluasi yang diharapkan itu adalah apa saja yang menjadi kekurangan dan ketidakmampuan yang dimiliki oleh peserta MTQ/STQ untuk dijadikan bahan pengembangan dalam proses pembinaannya. “Kita berharap hasil MTQ/STQ tingkat nasional ini hendaknya dapat meraih prestasi lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Sumut Ahmad Muhajir dalam kata sambutanya menyatakan acara ini bagian dari upaya mengawal prestasi untuk mempersiapkan qori dan qoriah pada kompetisi di Padang, Sumbar. Dalam beberapa hari ke depan pembinaan akan rutin dilakukan pada qori dan qoriah. “Nanti akan dilatih agar peserta tidak grogi dalam menghadapi kompetisi yang berlangsung nantinya,” katanya.

Selain persiapan MTQ di Sumbar 2020 nantinya, Ahmad Muhajir juga akan mempersiapkan anak didik LPTQ Sumut dalam menghadapi MTQ tahun depan di Kabupaten Tebingtinggi yang nantinya dari pertandingan ini pemenang 1 sampai 3 akan dipilih untuk kembali bertanding di Sumatera Barat.

“Kita berharap bahwa masyarakat Sumut mengetahui bahwa kita akan berusaha dan bekerja lebih baik lagi untuk melatih qori dan qoriah agar memperoleh prestasi yang lebih baik lagi,” katanya.

Pada acara silaturahmi tersebut Gubernur Sumut juga menyaksikan pembacaan Alquran oleh salah satu peserta didik qori Muhammad Salim yang langsung dilatih dan dikoreksi oleh Said Agil Husin Al Munawar. (SB/01)

Comments