FPAN Minta Gubsu Prioritaskan Pembangunan Kawasan Infrastruktur Pesisir

sentralberita|Medan~Penasehat Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) DPRD Sumut, H.Yahdil Khoir Harahap meminta Gubsu Edy Rahmayadi memprioritaskan alokasi pembangunan infrastruktur di kawasan pantai pesisir. Sebab pembangunan kawasan pesisir di Sumut selama ini masih kurang mendapat porsi pembangunan yang maksimal.

“Meningkatkan pembangunan di kawasan pesisir itu sangat penting. Sebab jika pemerintahnya tidak menyentuh pembangunan di kawasan pesisir, maka diyakini pemerintahannya akan sulit naik kelas,”kata Yahdil Khoir kepada wartawan di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, kemarin.

Yahdil yang juga Ketua DPW PAN Sumut mengaku pengelolaan kawasan pesisir di Provinsi Sumut memang masih minim. Hal ini terlihat dari perbedaan antara kawasan pesisir dengan daerah lainnya khususnya perkotaan.

“Kita apresiasi semangat Gubernur Edy Rahmayadi memhangun jalan tol perkotaan di Medan hingga pembangunan Sport Center, namun porsi pembangunan di daerah pantai pesisir hendaknya juga diperhatikan secara serius. Yakni dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir demi peningkatan perekonomian masyarakat di daerah.

Khususnya, lanjut wakil rakyat asal pemilihan Kabupaten Asahan Batubara dan Kota Tanjungbalai ini, meningkatkan sumber daya masyarakat pesisir. Hal itu penting sebagai modal dasar bagi pembangunan ekonomi mengingat bahwa Indonesia merupakan negara maritim.

Untuk itu, jelas Yahdli, agar pembangunan infrastuktur di kawasan pesisir kedepannya meningkat secara signifikan maka dibutuhkan sinergitas oleh berbagai pihak untuk bisa membangkitkan kawasan pesisir.

Dia menambahkan, pembangunan difokuskan pada jaringan jalan tol yang diakui memiliki manfaat bagi masyarakat. Namun, lanjut dia, seaungguhnya pembangunan infrastruktur jalan tol di daerah rawan bukan merupakan yang utama bagi pemerintah di daerah.

“Membangun jalan tol memang sangat penting. Namun lebih banting lagi yang harus diprioritaskan pemerintah yakni membangun infrastruktur kawasan pesisir jauh lebih penting,”katanya sembati beeharao Gubsu agar selama kepemimpinannya melakukan penyebaran pembangunan di daerah(SB/01/mal)