50 anggota DPRD Medan periode 2019-2024 mengikuti orientasi

sentralberita|Sibolangit~Sebanyak 50 anggota DPRD Medan periode 2019-2024 mengikuti orientasi dan pembekalan tugas di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, Deli Serdang, Selasa (1/10).

Tujuannya guna mengenalkan dan mengajarkan anggota DPRD pada tupoksinya sebagai anggota legislatif yang sekaligus penyelenggara pemerintahan. Diharapkan, orientasi tersebut dapat membantu tugas anggota DPRD Medan nantinya selama bertugas lima tahun mendatang.

Kegiatan orientasi dan pembekalan dibuka langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pemukulan gong oleh Wali Kota disaksikan Ketua DPRD Medan Hasyim SE dan seluruh anggota dewan. Nantinya, pembekalan akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 1-4 Oktober mendatang dengan sejumlah agenda diantaranya pembekalan materi terkait Pancasila dan wawasan kebangsaan dari sejumlah narasumber.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Medan Abdul Azis dalam laporannya mengungkapkan anggota dewan terpilih periode 2019-2024 akan mengikuti kegiatan orientasi dan pembekalan selama 4 hari. Kegiatan akan diisi dengan diskusi terkait beberapa materi diantaranya wawasan kebangsaan NKRI, pemahaman ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, pemahaman pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah, sistem pemerintahan Indonesia, wewenang, hak dan kewajiban DPRD, optimalisasi pencegahan KKN serta motivasi kerja. Sekwan berharap seluruh materi dapat dipahami dan nantinya mampu diimplementasikan seluruh anggota dewan. “Semoga kegiatan ini memberi manfaat signifikan guna mendukung kinerja para anggota dewan selama bertugas,” harapnya.(SB/01