UAS Tausyiah di Kota Natal Negerinya Para Ulama, Umat Islam Agar Selalu Jaga Nilai-Nilai Ibadah

sentralberita|Madina~Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijjriyah Tahun 2019 di Kota Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Tabligh Akbar yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka Natal oleh PHBI Kecamatan Natal dengan menghadirkan Ustadz Abdul Somad,LC.MA (UAS) sebagai Penceramah bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara H.Musa Rajekh Shah,M.Hum, selasa (10/9/2019) kemarin, bertepatan dengan 10 Muharram 1441 H.

Setibanya Ustadz Abdul Somad menuju Panggung yang telah disediakan yang disambut ribuan masyarakat Natal sekitar saat itu, terdengar kumandang Takbir Kebesaran Allah dengan lantunan Allahu Akbar Allahu Akbar hingga UAS menaikki Singgasana Penceramah seraya menunjukkan raut wajah yang tampak senang, bahagia dan semangat saat itu, sambil tersenyum manis UAS tampak telah siap untuk menyampaikan Tausyiahnya dihadapan ribuan masyarakat yang telah lama menunggunya.

Dalam penyampaian Tausyiahnya yang dimulai sejak sekira pukul 17:10 Wib saat itu menyampaikan, 10 Muharram yang merupakan salah satu hari bersejarah bagi Umat Islam, sampai-sampai kita dianjurkan untuk berpuasa.

Hari ini saya oleh Ninik Mamak Pemangku Adat Natal telah dipakaikan sebuah pakaian kebesaran Islam, yang ternyata pakaian yang saya kenakan ini adalah Pakaian seorang Ulama Besar dari Negeri Timur, yang sampai saat ini ternyata masih diabadikan oleh seorang Warga Natal dan dijadikan sebagai Pakaian Adat Pengantian Pria, hal itu jelas telah membuktikan bahwa Natal ini adalah merupakan Negerinya Para Ulama”, kata UAS.

Moment ini sebagai ladang ibadah, seperti yang dikatakan oleh Pak Camat tadi, bahwa anak-anak yang di depan saya ini mereka telah lama menunggu kedatangan saya untuk berceramah sejak tadi pagi.

Saya jelaskan, mereka anak-anak kita itu, yang telah menunggu pak ustadz bertausyiah, dengan demikian, mereka telah mendapatkan Pahala Jihad dari Allah, jelasnya.

Kemudian, berdasarkan kebiasaan orang Natal,kata UAS, ternyata orang Natal saat menikah Pengantin Prianya memakai Pakaian Ulama seperti yang saya pakai ini, kenapa demikian, dan ternyata lagi para Ulama kita dari Negeri ini berharap supaya lahirlah anak-anak yang soleh dan soleha dari Pengantin yang baru menikah itu di Negerinya para Ulama ini, luar biasa nilai-nilai keislaman yang ada di Negeri ini”.

Diingatkannya, kepada seluruh Umat Islam agar selalu menjaga nilai-nilai Ibadahnya, agar Kaum wanita menjaga auratnya, menjaga dan mengajak anak-anaknya untuk menutup auratnya, menjaga suaminya untuk tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, menunaikan Sholat, membimbing Anak-anak dan Keluarganya untuk tetap beribadah kepada Allah, jangan lupa bersedekah, selalulah membayar dzakat, karena sedekah dan dzakat merupakan ibadah yang tidak terputus sampai akhir hayat kita nantinya, marilah kita untuk selalu meningkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT.

Selain itu, Abdul Somad juga menghimbau kepada seluruh Jema’ah yang hadir, supaya selalu memberikan contoh baik dan tauladan kepada anak-anak, ketika Adzan telah berkumandang dari Masjid-masjid agar segera melaksanakan Ibadah, tinggalkan semua kesibukan kita tentang dunia ini, berangkatlah ke Masjid untuk Sholat, Ramaikan Masjid, sehingga bisa menjadi motivasi bagi anak-anak.

Didiklah anak-anak kita menjadi anak-anak yang mencintai Ulama, buatlah anak-anak bisa menjadi Ulama, bila perlu masukkan anak-anak kita bersekolah di Pesantren, khusus di Mandailing Natal ini masukkan ke Pondok Pesantren Mustofawiyah kepunyaannya H.M.Bakri supaya anak-anak kita belajar Ilmu Agama dan dapat berguna bagi Bangsa dan Agama Islam yang kita cintai ini, Ujarnya.

Para Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Ninik Mamak, Cerdik Pandai, Insya Allah kita semua akan masuk Syurga, namun ketahuilah apa yang kita perbuat baik dan buruknya selama di Dunia ini, maka itu pulalah yang akan kita terima di Akhirat nanti.

Oleh karena itu, ajari dan binalah anak-anak kita, ajari dia mengaji, ajari dia Sholat, tekankan kepadanya untuk pakai Jilbab, tutup auratnya, hidupkanlah semua pengajian si lingkungan kita, bangunkan Perwiritan Yasin, sepanjang hayat masih di kandung badan, maka selama itu marilah kita untuk terus berbuat baik, beramal soleh, karena semua yang kita lakukan di dunia ini akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti, ujar Somad.

Diakhir Tausyiah Ustadz Abdul Somad yang juga dihadiri H.M.Bakri, Tokoh Agama dan semua Unsur Muspika Kecamatan Natal ini, UAS memimpin Do’a bersama yang sebagian Do’a ditujukan untuk Kota Natal yang berbunyi, Ya Allah Jagalah Umat Islam, Jagalah Anak-anak kami dan seluruh Masyarakat Natal dari Bahayanya Peredaran Narkoba dan Minuman Keras, Jagalah Natal Negerinya Para Ulama ini Ya Allah…Aamiin.

Usai menghibur ribuan rakyat Natal dan sekitarnya itu, UAS dan Wagubsu bersama rombongan kembali ke Mess Pemprovsu untuk beristirahat dan makan malam yang kemudian bertolak menuju Kecamatan Sinunukan melaksanakan acara yang sama. (MAH/AR)

Comments