Tan Gozali: Kopi Arabika Mandailing Sumatera Belum Bawa Perubahan bagi Petani Kopi

sentralberita|Madina~Dalam kesempatan berkunjung ke KSU Kopi Mandailing Jaya (Komanja) menyempakan diri berdiskusi dengan para pelaku kopi di hilir ditengah-tengah pencanagan kopi oleh pemda Madina.

“Saya mencatatkan diskusi kami tersebut dalam bentuk beberapa status” ujar Tan Gozali kepada sentralberita.com, kemarin.

Sudah tahun ke-4 sejak diterimanya sertifikat indikasi geografis Kopi Arabika Mandailing Sumatera, namun sertifikasi ini tidak membawa perubahan yang signifikan ke petani kopi Mandailing karena masih banyaknya yang mengatasnamakan kopi kopi Mandailing/Mandheling dipasaran.

Harusnya upaya-upaya hukum sebagai konsekwensi terhadap IG tersebut mulai ditegakkan, ternyata tidak ada, sertifikat itu hanya menjadi hiasan didinding saja. Perlindungan terhadap kopi tanduk, kopi beras, kopi sangrai, kopi bubuk mandailing sampai saat ini tetap tidak ada.

MPIG kopi arabika Mandailing Sumatera seharusnya dapat duduk bersama dengan Pemda Madina dan memanfaatkan kuasa hukum pemda untuk melakukan upaya hukum minimal somasi terhadap mereka CV dan PT atau lembaga usaha berbadan hukum lainnya agar tidak lagi mengatasnamakan kopi arabika mandailing atau jika tetap mengatasnamakan kopi mandailing silakan ambil dari Mandailing, demikian Tan Gozali. (SB)

Comments