Saksikan Atlet Bertanding Gubsu : Jadi Yang Terbaik


Sentralberita|Medan – Ditengah kesibukannya, Gubsu Edy Rahmayadi meninjau dan menyaksikan langsung pertandingan Cabang Olahraga Silat di Gedung Serba Guna Jalan Williem Iskandar, Medan, Selasa (25/6).

Kedatangan Gubsu yang didampingi Kadispora Sumut Baharuddin Siagian dan lainnya disambut panitia dan beberapa wasit.

“Kita siapkan atlet untuk PON di Papua dan PON 2024 di Sumut dan Aceh,” ujar Gubsu.

Untuk itu Pemprovsu, lanjut Gubsu, menyiapkan dukungan yang diperlukan. Karenanya, Ia mengharapkan kepada para atlet untuk menjadi yang terbaik.

Sementara itu, setelah menyelesaikan seluruh rangkaian babak penyisihan cabang pencak Silat di Gelanggang Serba Guna memasuki babak semifinal dan juga penyisihan akhir, Selasa (27/6).

Pada Selasa (26/6), untuk kategori tanding diikuti 32 peserta masing masing 20 atlet putra dan 12 putri.
Dimana untuk putra merupakan partai ke 63 kelas A, partai 67 kelas B, partai 71 kelas C, partai 75 kelas D, partai 79 kelas E, partai 83 kelas F, partai 87 kelas G, partai 89 kelas H, partai 91 kelas I dan partai 93 kelas J. Sementara untuk atlet putri di partai 65 kelas A, partai 69 kelas B, partai 73 kelas C, partai 77 kelas D, partai 81 kelas E dan partai 85 kelas F.

Sementara untuk pertandingan semifinal di gelanggang 2 diikuti 12 atlet putri dan 20 atlet putra.
Dengan begitu, maka 16 atlet di gelanggang I dan gelanggang II, masuk ke final yang dilangsungkan Rabu (26/6).

Sedangkan untuk babak penyisihan seni diikuti 8 tunggal putra dan 8 tunggal putra. Adapun yang berhak masuk ke semifinal, masing masing diambil 2 peserta. Semifinal untuk ganda putra A, juara 1 Akmal dan Putra asal Medan dengan nilai 544. Juara 2 Abdul H dan Khaidir Ali asal Tebing Tinggi dengan nilai 539

Ganda putra B, juara 1 Frenko dan M Sihan asal Binjai dengan nilai 561 dan juara 2 Riki Cahyan dan A Munif dari Tj. Balai nilai 556.

Sementara untuk Tunggal putra A juara 1 Andreas Nababan asal Asahan nilai 444. Juara 2 Rizki Cahyan asal Tj Balai nilai 427.

Tunggal putra B, juara 1 Tri Rahmat Sampurno asal Tebing Tinggi nilai 442. Juara 2 Fandi Ahmad Sinaga asal Medan nilai 440.

Untuk bidang Seni, semifinal juga akan dilaksanakan pada Rabu (27/6) pagi juga di tempat yang sama.

Wasit Muhammad Andri Fahrian (34) mengatakan, yang diutamakan atlet di nilai 1 plus 3 tetapi sulit dan akan dijumlahkan keseluruhan dari 3 babak pertandingan.

“Utamanya silat sama dengan yang lain tapi silat ada bunga bunga (kaedah silat) yang enak ditonton,” ujarnya.

Sementata untuk faktor penentu kemenangan untuk tanding jelasnya yaitu kemauan, kerja keras selama latihan, usaha tak pernah bohongi hasil, juga mental yang mempengaruhi psikologis. (SB|YN)