Kabupaten Pidie Diguncang Gempa

sentralberita|Medan~Hari Senin, 24 Desember 2018, pukul 06:41:40 WIB, wilayah Pidie diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,5 pada koordinat episenter 4.96 LU dan 95.88 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah BaratDaya Kab. Pidie, Aceh pada kedalaman 10 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat Sabang menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan di daerah Indrapuri berkisar I-II MMI.

Gempabumi yang terjadi di Wilayah Pidie ini, jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera.

Hingga pukul 07.24 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Pidie dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, demikian disampaikan Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Edison Kurniawan, S.Si., M.Si.(SB/diur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.