Kenaikan Harga BBM , Pelanggan di Medan Terkejut dan Merasa Kecewa

Masyarakat sedang mengisi minyak di SPBU Medan, terkejut adanya kenaikan karena tidak ada pemberitahuan (f/SB/AR)

Sentralberita|Medan~PTpertamina (persero) menyesuaikan harga Bahan bakar Minyak (BBM) di SPBU khususnya pertamax series dan dex series, serta biosolar non pso mulai hari ini dan berlaku di seluruh Indonesia pukul 11.00 wib, sedangkan harga BBM premium, biosolar pso dan pertalite tidak naik khusus untuk daerah yang terkena bencana alam di nusa tenggara barat dan sulawesi tengah sementara ini harga tidak naik// atas kenaikan harga bbm non subsidi tersebut.

Atas kenaikan tersebut, pelanggan merasa kecewa akibat tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu oleh pemerintah atas kenaikan harga bbm non subsidi tersebut.

Rabu sore (10/10/2018), pemerintah melakukan kenaikan harga bahan bakar minyak (bbm) non subsidi di spbu khusunya pertamax series dan dex series/ serta biosolar non pso mulai Selasa malam. Kenaiakan harga bahan bakar minyak non subsidi tersebut membuat kaget warga kota Medan. Pasalnya, pemerintah tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Penyesuaian harga bbm jenis pertamax, pertamax turbo/ dexlite,pertamina dex dan biosolar non pso merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik dimana saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus 80 dolar per barel/ dimana penetapannya mengacu pada permen ESDM no. 34 tahun 2018 perubahan kelima atas peraturan menteri energi dan sumber daya mineral nomor 39 tahun 2014/ tentang perhitungan harga jual eceran bbm.

Salah seorang pelanggan bahan bakar minyak (bbm) non subsidi,Iskandar mengatakan, kenaikan harga bbm sangat berpengaruh bagi prekenomian masyarakat, terlebih lagi tidak ada pemberiathuan oleh pemerintah, sehingga pelanggan merasa kecewa atas kenaikan harga tersebut.

Kedepannya, pemerintah diharapkan dapat memberikan pemberitahuan melalui media massa, sehingga warga dapat menyesuaikan penghasilan gaji mereka.

Atas ketentuan tersebut, maka pertamina menetapkan penyesuaian harga, sebagai contoh di wilayah DKI  Jakarta dan sekitarnya, harga pertamax rp 10.400 per liter, pertamax turbo rp 12.250 per liter, pertamina dex rp 11.850 perliter, dexlite rp 10.500 per liter, dan biosolar non pso rp.9.800 per liter, namun pertamina mengklim harga yang ditetapkan ini masih lebih kompetitif dibandingkan dengan harga jual di SPBU lain. (SB/AR)