Sumbar Juara Open Turnamen Gateball Piala Walikota Medan

Sentralberita| Medan~249 atlet gateball dari sepuluh provinsi ikut bertanding pada open tournament gateball piala bergilir walikota Medan, di lapangan hoki, Jalan Candi Borobudur. Pertandingan ini sebagai persiapan mematangkan atlet menyongsong pertandingan perdana cabang olahraga ini di ajang pekan olahraga nasional tahun 2020 di papua.

Di partai final yang digelar, Jum’at sore, atlet gateball asal Sumatera Barat berhasil menjadi juara pertama katagori single atau perseorangan. Atlet asal Sumbar berhasil membawa pulang tropi open tournament gateball piala bergilir walikota Medan, setelah mengalahkan atlet Sumatera Utara dengan skore 18-9. sementara juara ketiga direbut atlet Jawa Timur dan juara keempat atlit Nusa Tenggara Barat.

Pada katagori double, Sumbar kembali menunjukkan keahliannya menyingkarkan 16 team yang ikut berlaga di open tournament gateball piala bergilir walikota Medan tahun ini, disusul Sumatera Utara di tempat kedua dan ketiga lalu di juara keempat atlet Sumatera Barat.

Gateball adalah olahraga yang menggunakan pemukul berbentuk palu, dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri dari 1 sampai 5 pemain dengan 5 bola. Tim pertama dengan bola berwarna merah masing-masing bola bernomor ganjil 1, 3, 5, 7 dan 9 sedangkan tim kedua dengan bola berwarna putih bernomor genap 2, 4, 6,8 dan 10. setiap pemain masing-masing memiliki 1 bola yang telah ditentukan.

Poin satu diperolah saat pemain memasukkan bola ke gate dengan tiga gate yang ada. Poin dua akan diperoleh pemain yang mengenai agari atau goal-pole Sekali bermain maksimal memperoleh poin 5.  Tim yang memperoleh poin terbanyak dalam 30 menit pertandingan akan menjadi pemenangnya.

Sebagai negara yang bergabung dengan dengan world gateball union tahun 2013 sebagai anggota ke 17, cabang olahraga gateball akan membagikan 3 medali.  meski Pergatsi masih berjuang agar dapat memperebutkan 8 medali.

Krisna MV, ketua bidang pengembangan pergatsi mengatakan, pada cabang olahraga gateball yang dicetuskan perama kali oleh Eiji Suzuki di Jepang tahun 1947, kali ini dipertandingkan tiga kategori, singe, doube dan klasik atau group 5 orang. Para atlet mengaku telah mempersiapkan diri dengan latihan rutin menjelang lomba.

Rudalfo, atlet gateball Sumbar mengungkapkan,open tournament gateball piala bergilir walikota Medan tahun ini dijadikan persatuan gateball seluruh Indonesia –Pergatsi sebagai ajang mempersiapkan diri menyongsong PON di Papua. Di  ajang itu cabang olahraga gateball untuk pertama kali akan dipertandingkan.

Gateball merupakan hasil modifikasi terhadap permainan croquet atau permainan bola kayu yang berasal dari benua Eropa dan kini gateball mulai menyebar ke seluruh negara-negara dunia termasuk Indonesi. (SB/AR)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.