Dua Pejabat Kepala Desa di Labura Dilantik

Sentral Berita| Labura~Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Drs H Sofyan Yusma, MSi melantik 2 Penjabat (Pj) Kepala Desa di aula kantor dinas setempat.
Penjabat Kepala Desa yang dilantik, yakni Kepala Desa Teluk Pulai Dalam, Kecamatan Kualuh Leidong Agus Junaidi menggantikan Johan Simbolon dan Kepala Desa Perkebunan Milano, Kecamatan Marbau Syawal menggantikan Supryono.
Pelantikan Kepala Desa tersebut, berdasarkan SK Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara No.
141/310/PMD/2017 tentang pemberhentian Kepala Desa Teluk Pulai Dalam dan Kepala Desa Perkebunan Milano dan pengangkatan Penjabat Kepala Desa Teluk Pulai Dalam dan Penjabat Kepala Desa Perkebunan Milano.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas berharap kepada Penjabat Kepala Desa yang dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan fungsi dan tugasnya serta mematuhi peraturan yang ada.
“Pelajari UU No. 6 tahun 2004 tentang Desa dan bekerjalah dengan baik serta layani masyarakat,” ujar Sofyan Yusma.
Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa M. Amril Hisam, SE mengatakan, penunjukan Penjabat Kepala Desa adalah pengajuan dari Camat terkait dan diharuskan Pegawai Negeri Sipil. Keduanya dilantik karena masa tugas Kepala Desa lama telah berakhir 27 Juli 2017.
“Camat yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan tahu bagaimana karakter masyarakat yang dipimpinnya maka Pejabat Kepala Desa sesuai aturan harus dari Pegawai Negeri Sipil. Kedua Penjabat sebelumnya menjabat Sekretaris Desa di tempat tersebut,” terang Amril.
Mengenai tugas Penjabat Kepala Desa, kata Amril sama seperti tugas Kepala Desa definitive, walaupun sifatnya hanya menggantikan dan mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa yang telah berakhir namun tugas dan wewenang serta kewajibannya tetap sama seperti Kades lama.
Selain itu, sambungnya, Penjabat juga mempunyai tugas pokok mempersiapkan pemilihan kepala desa tahun depan serta mempersiapkan data-data untuk itu.
“Masa tugas mereka sampai terlantiknya kepala desa definitive yang dijadwalkan pemilihannya tahun depan,” kata Amril.
Hadir dalam pelantikan itu Sekretaris Dinas PMD Jamaludin, SE, Sekretaris Inspektur Labura Drs Armada Pangaloan, Camat Marbau Sakti Sormin, SE, Camat Kualuh Leidong Ismail Efendi. (wandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.