Objek Wisata Terjun Aek Sondang Dipadati Pengunjung

Sentral Berita| Labura~ Objek wisata terjun Aek Sordang yang terletak di Desa Pulo Dogom, Kecamatan Kualuh, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Sumatera Utara ramai dipadati oleh ribuan pengunjung. Wisata air terjun ini tergolong menarik, tempatnya sejuk dan airnya juga jernih, steril tidak membahayakan bagi anak-anak.

Pantauan awak media dilokasi terlihat wisata terjun aek sordang dipadati oleh ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Tak cuma orang tua dan dewasa yang dapat merasakan sejuknya air mengalir tersebut, bahkan anak-anak dapat bermain. Sebab sungai tersebut ada juga yang dangkal.

Dilokasi juga ada disewakan balon anak dan ban yang dapat dipakai untuk bermain dan bersantai. Jika pengunjung merasa lapar usai berenang dilokasi objek wisata ini juga menyediakan berbagai kuliner yang dapat disantap. Objek wisata terjun aek sordang ini tak jauh dari ibukota pemerintahan kabupaten labura ( aekkanopan ) mungkin berkisar 20 km.

Saat awak media mengkonfirmasi pada salah seorang pengunjung Lestari (17) warga Kelurahan Aekkanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labura terkait wisata ini mengatakan, kami kemari mau berenang dan menikmati liburan.

Baca Juga :  Semarakkan HUT RI, Pemprov Sumut Gelar Berbagai Kegiatan

“Untuk tiket masuk lokasi pemandian terjun aek sordang ini termasuk sedang/ relatif terjangkau, cuma Rp.10 ribu/kendaraan itu sudah termasuk parkir gratis. Ruang ganti pakaian tarif Rp.1000. Disini pengunjung juga banyak yang bawa bekal makanan dari rumah untuk meminimalisir pengeluaran ekonomi” ujarnya.

Berbeda dengan pengunjung bernama Rijal (40) warga Desa Ledong Timur, Kecamatan Aek Ledong, Kabupaten Asahan saat diwawancarai mengatakan, lokasi terjun ini termasuk digemari pengunjung. Sebab airnya bersih dan tempatnya sejuk. Cuma biaya sewa pondok saja yang relatif tinggi sebesar Rp.30 ribu/pondok.

Masih kata rijal, hendaknya pemerintah setempat meninjau kembali biaya sewa pondok untuk pengunjung. Agar kedepannya wisata terjun ini lebih  ramai lagi. Ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata pada Disporapar Labura, Martahi S.Pd saat dikonfirmasi media via seluler, rabu (28/6/2017) mengatakan, dalam hal ini dinas terkait akan terus meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi pengunjung. Biasa wisata ini paling ramai jika momen hari besar, termasuk lebaran dan tahun baru.

Baca Juga :  Undercover Buy Polisi Tangkap Pengedar Sabu di Kota Padangsidimpuan

Dijelaskannya, wisata terjun aek soradang ini termasuk salah satu objek wisata dilabura yang digemari pengunjung. Selain lokasinya tidak jauh dari pusat kota Aekkanopan, tempatnya juga teduh sejuk sebab banyak pepohonan jadi angin berhembus semilir menambah betah para pengunjung. Air mengalir juga jernih dan bersih, jadi orangtua yang membawa anak tidak khawatir. Ucapnya.

Lanjutnya. Pihak kita sebagai pengelolah akan terus berupaya untuk memajukan objek wisata ini. Agar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Labura. Kita koordinir biaya retribusi agar tidak memberatkan pengunjung. Seperti tiket masuk cuma Rp.10 ribu/kendaraan plus termasuk parkir sepedamotor.

Untuk sewa pondok bagi pengunjung nanti akan kita koordinasikan dan diskusikan pada pengusahanya. Agar biayanya lebih standar. Kedepannya wisata terjun aek sordang inipun semakin maju dan diminati para pengunjung dari berbagai daerah. Tandasnya.    (SB/Wandi)

Tinggalkan Balasan