Diwarnai Aksi Walk Out, Hak Angket KPK Disetujui

Sentralberita| Jakarta~Rapat paripurna DPR menyetujui pembahasan usulan hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, Jumat (28/04) siang walau diwarnai aksi walk out para politisi dari tiga fraksi.

Para politisi dari PKB, Partai Demokrat dan Partai Gerindra keluar ruangan sidang di gedung DPR, Jakarta, sebagi protes terhadap pimpinan sidang yang dianggap tidak menghiraukan interupsi mereka.

Pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mengetuk palu sidang setelah mengeluarkan pernyataan “jadi kita simpulkan bahwa hak angket KPK disetujui”.

Sebagian anggota rapat paripurna menyatakan “setuju”, tetapi ada pula yang melontarkan kata-kata “interupsi”. Fahri menghiraukannya dan menutup sidang.

Sementara KPK sendiri menyatakan kekhawatirannya terhadap hak angket ini yang berpotensi mengganggu proses pengungkapan kasus dugaan korupsi e-KTP.

Setelah rapat paripurna menyetujui hak angket KPK, maka DPR akan membentuk panitia angket yang terdiri semua unsur fraksi DPR, sebelum mereka melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari berbagai pihak terkait.

Hasil kesimpulan panitia angket ini nantinya akan dibawah ke rapat paripurna, apakah dilanjutkan dengan hak menyatakan pendapat atau tidak.(SB/BBCI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.