Festival Holi Konsulat India

Sentralberita~ Medan~ “ Datang dan bergabunglah dengan Perayaan Holi yang beragam warna dan full warna serta full music bollywood.” Begitu thema Festival Holi yang diadakan Konsulat Jendral India di rumah dinas Konsulat India pada Minggu 12 Maret 2017.

Acara yang diusung sejak pagi hingga sore hari di halaman rumah Dinas Konjen India itu, diwarnai dengan beberapa moment seru untuk memeriahkan Festival Holi 2017. Ada yang terlihat berjoged, saling melempar bubuk berwarna warni dengan sesama teman dan  lain-lain.

“ Ya, di festival ini tidak boleh ada yang marah,  semua harus gembira dan ceria meski pun wajah, kaki, tangan, baju, kerudung, rambut dan lain-lain dilempar bubuk warna,” ujar Konjen India, Dr Shalia Shah di tengah-tengah acara berlangsung.

Menurut President Convener IEAM, Ashish Sharma, Holi adalah perayaan warna. “ Di acara ini  semua sedang dipasangi warna. Holi itu sendiri dimulai dengan menyalakan api unggun dimana salah seorang raja memiliki seorang putra penyuka dewa Wisnu. Namun, sang Raja itu tak suka karena dia lebih hebat dari dewa Wisnu sendiri,” ujar pria tinggi besar ini.

Lalu raja tersebut ingin membunuh anaknya. Namun, setelah di coba berkali-kali tapi tak bisa. Jadi, sebagai perlambang sebelum perayaan Holi masyarakat India selalu menyalakan api unggun sebagai kemenangan yang baik.

Holi  itu perlambang menangnya kebaikan atas kejahatan. “ Holi sebagai pertanda datangnya musim semi. Bagi yang pertama kali ikut pasti akan terkejut karena settingnya kurang fromal. Tapi,  intinya disini kita lebih bersenang-senang dari yang muda hingga yang tua,” tutup Ashish. (SB/ DS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.