Ekspor Sumut ke India 10,32 persen

Sentralberita| Medan| Berdasarkan data BPS Provsu bahwa selama bulan Januari-Nopember 2016 ekspor Sumatera Utara ke India tercatat sebesar 685.634 Juta US Dolar atau 10,32 persen dari total ekspor Sumatera Utara.

Sedangkan nilai impor dari negara India pada bulan Januari-Nopember 2016 sebesar 120,693 Juta US Dolar atau 3,44 persen dari keseluruhan impor Sumatera Utara.

 Jadi menurut Gubsu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat berkepentingan agar kerjasama dengan Republik India dapat lebih kuat lagi. Kerjasama dikatakan Erry tidak hanya dibangun karena kesepakatan antar Pemerintah tetapi juga hubungan personality antar warga kedua negara.

 Selain itu menurut Gubsu hubungan diplomatik dengan India juga sangat baik ditandai dengan TNI AL kedua negara melakukan kerjasama latihan pengawasan laut 2 (dua) kali setahun, hal ini mengeratkan antara kedua negara yang saling berdekatan sedangkan populasi masyarakat dan etnis India relatif banyak di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan dan berbaur harmonis dengan masyarakat pribumi.

 Sebelumnya Konsul Jenderal India di Medan Dr. Shalia Shah mengatakan bahwa Negara India merdeka pada tanggal 26 Januari 1950. Pada pelantikan Presiden I India ketika itu, Presiden RI pertama Soekarno menjadi tamu kehormatan. “Dan sejak itu hubungan kedua negara sangat erat,” kata Shalia. (SB/01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.