Dewan Kota Medan: Sejak Banjir Tahun 2011 Belum Ada Langkah-Langkah Penanganan

pemkSentralberita|Medan~ Wakil  Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi menggelar pertemuan dengan Dewan Kota Medan di Balai Kota Medan, Rabu (21/9).

 Dewan Kota yang hadir berjumlah enam yakni Bangun Tampubolon, Budi D Sinulingga, Datok Adil FH, Syahrin Harahap, M Hatta, Suwandi Widjaya dipimpin Afifuddin Lubis. Kepada Wakil Wali Kota didampingi Asisten Pemerintahan, Musadad Nasution, Afifudin  mengatakan kedatangan mereka untuk menyampaikan sejumlah keluhan warga.

Dari sejumlah keluhan yang mencuat itu, Afifuddin menyoroti masalah banjir, jalan rusak dan kebersihan yang disoroti warga. Untuk itu, jelas Afifuddin, Dewan Kota telah menganalisa seluruh keluhan masyarakat tersebut, salah satunya mengenai banjir.”Terkait masalah banjir ini, Dewan Kota sudah melakukan evaluasi serta solusi mengatasinya,” kata Afifuddin.

            Seperti yang dipaparkan Budi D Sinulingga,  sejak banjir besar tahun 2011, belum ada langkah-langkah penanganan banjir yang dilakukan. Menurutnya, penyebab banjir di Kota medan akibat air limpasan permukaan sudah meningkat.Kemudian kapasitas saluran primer tidak mncukupi lagi dan pemabngunan saluran sekunder tidak efektif.

            Upaya penanggulan menurut Budi, diadakan reboisasi, pembangunan waduk serta noprmalisasi dan pelebaran sungai. Kemudian diikuti dengan penertiban dan pengawasan terhadap tumbuhnya bangunan baru di bantaran sungai.

            Di samping itu Budi menyampaikan saran Dewan Kota menyikapi banjir. Pertama, membentuk tim koordinasi penananggulangan banjir. Kedua, membentuk tim sosialisasi pembebasan kawasan di bantaran sungai     dibantu pakar sosial.

            “Tim sosialisasi ini sangat dibutuhkan untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai agar mau pindah, sebab bangunan yang ada di pinggiran sungai menjadi penyebab penyempitan penampang sungai sehingga sungai tidak sanggup menampung debit air,”jelas Budi Sinulingga.

            Lebih lanjut lagi, Budi menyarankan agar Pemko Medan membentuk tim penertiban bangunan liar di pinggiran sungai, dan memerintahkan lurah untu mengawasi sungai dan salurannya atas akulasi dari penduduk. Tidak hanya itu saja, Budi juga meminta agar PDAM dan instansi lainnya memindahkan bagian dari instalasi yang mengahambat saluran. Dan yang terakhir harus dilakukan peningkatan upaya pemeliharaan saluran.

            Sementara itu menurut Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, banjir yang kerap melanda Kota Medan menjadi perhatian khusus Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.Selama 3 tahun kedepan Pemko Medan akan terus fokus memperbaiki infrastruktur kota, seperti perbaikan drainase, jalan, dan lainnya.
Atas dasar itulah Pemko Medan sangat mengapresiasi masukan dari Dewan Kota untuk mengatasi  masalah banjir tersebut.

          “Kami sangat mengharapkan adanya masukan dari Dewan Kota, sehingga kami dapat mengambil langkah-langkah intensif dalam menangani banjir ini,”kata Akhyar .

            Selanjutnya Akhyar menyampaikan, saat ini Pemko Medan memiliki 2 opsi dalam perbaikan infrastruktur yakni perbaikan dilakukan secara bertahap di tiap wilayah atau dilakukan secara menyeluruh.(SB/H

6 thoughts on “Dewan Kota Medan: Sejak Banjir Tahun 2011 Belum Ada Langkah-Langkah Penanganan

  • Oktober 23, 2023 pada 2:11 am
    Permalink

    694845 795097I like the valuable details you give in your articles. Ill bookmark your weblog and check once more here regularly. Im quite certain I will learn lots of new stuff right here! Finest of luck for the next! 925681

  • Desember 1, 2023 pada 12:20 pm
    Permalink

    855137 25498Would love to constantly get updated excellent internet blog ! . 783693

  • Maret 27, 2024 pada 10:14 pm
    Permalink

    261393 177091Having read this I thought it was really informative. I appreciate you taking the time and effort to put this article together. I once again locate myself spending way to much time both reading and commenting. But so what, it was nonetheless worth it! 346955

  • April 21, 2024 pada 1:44 am
    Permalink

    pharmacies in mexico that ship to usa: mexican pharmacy – buying prescription drugs in mexico

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *