PB AMCI dan PWI Sumut Adakan UKW Angkatan ke-30

sentralberita|Medan~ Untuk memberikan dan meningkatkan profesional kepada para jurnalis, Pengurus Besar (PB) Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara akan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-30 pada tanggal 20 dan 21 Desember 2019 yang akan datang bertempat di Uniland Plaza Medan.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini akan di ikuti dari para jurnalis di kota Medan dan kabupaten Toba Samosir sebanyak tiga kelas atau 18 peserta yang menyerahkan berkas kepada panitia.

“Antusias para wartawan untuk mengikuti UKW sangat tinggi, namun keterbatasan persyaratan dalam menentukan keikutan peserta sangat menentukan. Sebab harus sesuai persyaratan yang telah di tentukan Dewan Pers sebagai penentu peserta,” ungkap Ketua Panitia UKW, Waliyono di usai rapat kordinasi bersama PB AMCI dan PWI Sumut di Kantor PWI Jalan Adinegoro No.4 Medan, Jum’at (6/12/2019).

Waliyono juga menjelaskan bahwa persyaratan yang diambil berawal dari legalitas perusahaan media hingga pengalaman di dunia jurnalis selama ini diikuti oleh para perserta.

“Memang persyaratan ini sebagai penentu ikut atau tidaknya para wartawan dalam mengikuti UKW, bahkan Panitia sudah memberikan waktu panjang untuk membuka para wartawan untuk melengkapi persyaratannya,” jelas Wali sapaan sebagai Ketua Panitia ini.

“Sebelumnya kita inginkan UKW diadakan di Porsea Kabupaten Samosir, namun karena ada kendala kita buat aja di Medan biar lebih praktis,” tambah Wali usai rapat yang dihadiri dari Ketua PWI Sumut, H.Hermansjah, Sekretaris PWI Sumut, Edward Thair, S.Sos, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Rizal Rudi Surya dan Sekretaris PB AMCI Dedy Armaya, S.Sos.

Bahkan Wali yang merupakan Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada sponsorship dari PT. Toba Pulp Lestari (TPL), PT Inalum, PT Pertamina, PT Asia Agri, PT Pengadian, Kejari Medan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Dinas Pertamanan Kota Medan dan Dinas Perdaggangan Kota Medan yang telah membantu terselenggaranya UKW yang dilakukan PB AMCI dan PWI Sumut.

Sementara itu Ketua PWI Sumatera Utara, H. Hermansjah dalam hal ini mengungkapkan bahwa PWI Sumut siap bekerja sama kepada Lembaga Organisasi profesional di dunia jurnalistik.

“Kita siap bekerjasama dalam kegiatan UKW, kecuali lembaga yang sama fungsinya seperti PWI. Sebab kita memiliki tim penguji yang telah disiapkan, dalam uji ini para peserta harus sesuai persyaratan yang telah ditentukan oleh Dewan Pers,” ungkap Hermansjah.

Hermansjah juga menginginkan dalam UKW ini, para peserta harus memiliki kerapian dalam mengikuti uji kompetensi yang akan dilakukan.

“Diharapkan para peserta harus berpakaian rapi, sebab para jurnalis biasanya diindentikan sebagai urakan,” sebut Hermansjah.

Tambahnya lagi, Hermansjah juga meminta semoga kegiatan ini terlaksana dengan sesuai yang diinginkan dan semoga persiapan para peserta dalam UKW ini, sudah dipersiapkan. (SB/01)