TP PKK Provinsi Sumut Lakukan Evaluasi UP2K Ke Kelurahan Tanjung Sari

sentralberita|Medan~Tim Evaluasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumut melakukan kunjungan ke Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Selayang, Senin (28/10). Kunjungan ini dalam rangka melakukan penilaian lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kedatangan Tim Evaluasi PKK Sumut yang dipimpin Ketua Koordinator Pokja II Provinsi  Sumut Aspan diterima Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan Khairunnisa bersama Istri Plt Wali Kota Medan selaku Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar serta Camat Medan Selayang Sultan Tolang Lubis.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis P3APM mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi atas komitmen Provinsi Sumut yang ingin memajukan Kota Medan melalui gerakan PKK. Melalui kegiatan evaluasi ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada TP PKK Kota Medan agar dapat berbenah lagi kedepannya dalam mewujudkan gerakan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga melalui gerakan PKK di Kota Medan.

“Evaluasi ini juga untuk melihat kesiapan di lapangan serta kemampuan kader dan produk unggulan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang dimiliki. Hal ini penting untuk melihat sejauh mana Kelurahan Tanjung Sari layak mewakili sebagai salah satu peserta di Tingkat Provinsi,” ungkap Khairunnisa.

Dihadapan Tim Evaluasi dan kader PKK Kelurahan Tanjung Sari, Khairunnisa mengungkapkan Kelurahan Tanjung Sari setiap tahunnya selalu masuk kedalam nominasi terbaik khususnya dalam lomba UP2K PKK. Tentunya ini semua tidak lepas dari inovasi dan kreasi yang selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman.

“Tetap pertahankan prestasi ini seterusnya. Insya Allah saya yakin Kelurahan Tanjung Sari dapat mewakili Provinsi Sumut untuk maju ke Tingkat Nasional nantinya,” ucap Khairunnisa.

Selama ini, jelas Khairunnisa TP PKK Kota Medan telah melaksanakan pembinaan dan sosialisasi secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kelurahan, bahkan sampai pada tingkat lingkungan. Sehingga manfaat yang dirasakan masyarakat Kota Medan dapat dirasakan seperti saat ini.

“Ayo tunjukkanlah yang terbaik hari ini dan berikan yang terbaik, jangan mau kalah dengan derah-daerah lainnya yang memiliki berbagai program UP2K PKK yang juga baik. Semoga hasil evaluasi ini dapat mengharumkan nama Kota Medan yang nantinya dapat maju ke Tingkat Nasional,” harapnya.

Dalam ekspose dari PKK Kota Medan yang disampaikan Ketua TP PKK Tanjung Sari Samsyiah Harahap memaparkan bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan UP2K Kelurahan Tanjung Sari memiliki 3 kelompok usaha yakni Kelompok Melati I memiliki kerajinan membuat sandal, sablon, menjahit,  membuat bunga dan bros jilbab. Kelompok Melati II memiliki kerajinan membuat bolu kukus, pecel ulek, gorengan, jajanan kue kering dari akar kelapa. Dan Kelompok Melati III memiliki kerajinan membuat kripik pisang, kue bawang, bakso tempe, bakso belut, kue bawang belut, dan nuget belut.

Sementara itu Tim Evaluasi PKK Sumut yang dipimpin Ketua Koordinator Pokja II Provinsi  Sumut Aspan, mengucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota yang telah berhasil masuk di tahap evaluasi. Ia menghimbau kepada seluruh kader PKK yang masuk kedalam nominasi agar dapat mempertahankan apa yang telah terlaksanakan dengan baik selama ini, serta terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga mencapai keberhasilan yg berkesinambungan.

“Saya harap kepada para pemenang nantinya dapat mengukir prestasi hingga ke tingkat nasional. Dengan demikian preatasi yang telah diraih nantinya sehingga menjadikan Sumut yang lebih bermartabat di kanca nasional,” harap Aspan.

Usai memberi sambutan, rombongan Tim Evaluasi PKK Sumut bersama Kadis P3APM Kota Medan dan Wakil Ketua TP PKK Kota Medan meninjau lokasi kerajinan yang ada di Kelurhana Tanjung Sari.(SB/KR)

Comments