Bisnis Online, Mampu Meringankan Uang Saku Nadia

sentralberita|Medan~Gadis berusia 20 Tahun bernama Nadia Tri Andinikelahiran Medan,12 November 1998 yang sedangberkuliah di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) FakultasIlmuSosialJurusanIlmuKomunikasi Semester III,bertekad menjalankanbisnis online yang bernama “FASTPAY Sentra Bisnis”.

Nadia menjalani bisnis tersebut karenapaksaan orang tuanya yang bosan melihatiahanya bermain handphone saja tanpa henti, bukannyamenghasilkan uang malah menghabiskan uang orang tuanyasaja, untuk membeli paketi nternetnya dan alasan lain orang tuanya memaksa ia untuk menjalankan bisnis tersebut, supaya ia dapat mandiri dan pandai dalam menjalankan bisnis sendiri, sehingga jika tamatkuliah, tidak perlubekerja dengan orang lain hanya saja bisa membuka peluang pekerjaan untuk orang lain supaya bekerjadengannya.

Nadia menjalankan bisnisini dengan modal dari orang tuanya dan teman orang tuanyalah yang menjelaskan cara kerja dari Fastpays entrabisnis tersebut.

Untukmendaftarkan diri kebisnis ini mengeluarkan modal sekitar Rp.2.000.000 dan sudah mendapatkan aplikasifastpay, spanduk&brosur beserta deposit yang berisi Rp.500.000 di dalamaplikasinya. Dan aplikasiter sebutmemerlukan ID Outlet, kata sandi dan kunci yang tiap seminggu sekali selalu berganti kodenya untuk mengamankan aplikasi tersebut, yang sudah terdaftar dari pusatnya.Dan didalam aplikasi tersebut ada berbagai jenistransaksi seperti: PLN, Pulsaseluler, PDAM, Tiket& Travel, BPJS, Indihome, Telkom, danPerbankan. Dan juga harus mengisi deposit setiap kali transaksi, pengisian deposit tersebut melalui bank.

Namun ia hanya menjalankan layanan PLN, PulsaSeluler&indihome. Dikarenakan modal yang minim.Dan ia mendapatkan untung perbulannya dari pusatnya jika melakukan transaksi PLN yang terhitungRp. 2000 per lembar kertasnya dan jika pengisian pulsat idak mendapkan bonus dari pusat melain kan mengambil untung sendiri berkisar Rp.900 perak per nomornya.

Namunjika Nadia mampu menarik rekannya untukmenjalankan bisnisini Nadia akan mendapatkan bonus sekitar Rp.700.000 perbulannya.Lain denganhitungan bonus dari transaksinya.


Bisnis yang Nadiajalani ini sudah berjalan berkisar 4 bulan, yang setiap bulannya menghasilkan uangsekitar Rp.200.000,Belumbanyak yang mengetahui bawasannya iamenjalankan bisnis tersebut, karenaitu ia hanya sedikit menghasilkan uang perbulannya, karena hanya tetangga dan saudaranya saja yang baru mengetahui bisnis yang ia jalani sekarang ini. Disebabkan sangat canggung untuk mengenalkannya terhadap orang lain.

Namun walaupun seperti itu Nadia sedikit demi sedikit memberanikan diri untukmengenalkanny adengan temannya yang lain.Dan ia menjalaninya dengan tekun, waupun awalnya hanya paksaan dariorang tuannya namun lama kelamaan mulai terbiasa dan serius menjalaninya sehingga tidak menyusahkan orang tuanya lagi dalam memberinya uangsaku.
Dalam menjalankan bisnist ersebut mengalami berbagai kendala,kendala yang iahadapi seperti susah sinyal jikabertransaksi dancanggung memperkenalkan bisnisnya terhadap orang lain.

Ya walaupun seperti itu ia tetap menjalaninya dan tetap bertekad untukmembesarkan bisnisnya sehingga dapat menjalankan semualayanan yang ada dibisnis onlinenya tersebut dan mampu sedikit demi sedikit melawan rasa canggungnya berbicara dengan orang lain guna memperkenalkan bisnisnya terhadap orang banyak. Sehingga mendapat kanuntung yang lebih banyakdan kedepannya bukan hanya uang saku saja yang dapat ia tanggung sendir imelainkan keperluanlainnya seperti membayar uangkuliah dengan mandiri tanpa membebani orang tuanyalagi.

Yang awalnya hanya sebuah paksaan dari orang tuanya, berakhir menjadi pekerjaan wajib bagi dirinya, karena ia yang sangat bersemangat dalam menjalaninya dan tanpa kenal kata menyerah. Orang tua adalah panutan bagi dirinya, sehingga apa pun yang orang tuanya pasakan dia coba untuk kerjakan, karena ia percaya bawasannya orang tuanyalah yang bakal membawanya menuju jalan kesuksesan untuk kedepannya. Karena setiap ridho yang ada diorangtua adalah ridho dari Allah.

Dan usia muda tidak menghalangi kawula muda mmenjalankan usaha apapun itu, selagi apa yang kamu kerjakan halal dan tidak merugikan orang lain, maka berusahalahd arisekarang, sehingga apa yang kamu impikan sedikit demi sedikit mulai terlihat dengan sendirinya, karena dari hasilkerja kerasmu yang tidak pantang menyerah walaupun diterpa banyak masalah. Jika semua kamu kerjakan dengan niat yang baik Insha Allah hasil yang kamu raih akan baikjuga. So never give up sobat. “ucapnadia.”(SB/syid)

Y

Comments