Total Bonus Dikucurkan Pemerintah untuk Bonus di Asian Games Rp 210 Miliar

Sentralberita|Jakarta~ Total dana yang dikucurkan Pemerintah mencapai Rp 210 miliar langsung bagi atlet dan pelatih yang telah bertarung di ajang Asian Games 2018.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, bonus tersebut tidak hanya diberikan untuk atlet yang meraih medali. Namun, bonus juga didapat oleh pelatih, asisten pelatih atlet berprestasi dan juga para atlet yang tak meraih medali.

Dikatakan Imam, anggaran bonus tersebut berasal dari APBN dan Belanja Anggaran Bendahara Umum Negara yang diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Dari negara. Ya pastilah lewat DIP kita. Untuk Asian Games kira-kira Rp 210 M. Nanti akan kita berikan sendiri untuk pelatih dan asisten pelatih. Bentuk non medali termasuk di situ. Itu untuk Asian Games. Asian Para Games lain lagi. Semua sama penyetaraan dan sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu,” kata Imam di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Imam mengatakan, besaran bonus untuk yang tak meraih medali tentu berbeda dengan atlet yang meraih medali. Masing-masing atlet yang tak dapat medali akan diberi bonus sebesar Rp 20 juta.

“Yang menarik adalah di tahun (ini) atlet yang tidak dapat medali juga diberikan bonus. Besarnya Rp 20 juta,” kata Imam.

Tak hanya uang, para atlet yang meraih medali juga berkesempatan diprioritaskan menjadi PNS dan mendapat rumah. Realisasi kebijakan ini akan segera dilaksanakan.

“Secepatnya. Tapi begini, kalau PNS kan butuh waktu karena harus ada penyesuaian. Misalnya prajabatan,” katanya.

Namun, Imam mengatakan terkait pemberian rumah dirinya harus membahas lebih lanjut dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.(SB/dik.c/01)

Comments