Kurangi Duduk 20 Menit Sehari Bisa Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

SentralBerita.com ~ Bagi Anda yang biasa menghabiskan berjam-jam duduk di kantor, mengurangi waktu duduk setidaknya 20 menit bisa berpengaruh besar pada kesehatan. Saran ini disampaikan oleh ilmuwan Finlandia yang baru-baru ini mengungkapkan hasil studi tentang dampak kebiasaan duduk terhadap metabolisme dan massa otot tubuh.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 133 pekerja kantor yang memiliki anak kecil. Peserta penelitian diberi konseling tentang bagaimana mengurangi waktu yang mereka habiskan untuk duduk, dan meningkatkan aktivitas selama waktu bekerja dan waktu senggang mereka.

Tingkat aktivitas mereka dinilai melalui perangkat yang dipasang di pinggang selama tujuh hari dalam seminggu, sampai lima kali selama masa studi. Mereka diminta mengurangi waktu duduk mereka di kantor, dan aktif di waktu sengan, seperti saat menemani anak-anak mereka beraktivitas.

Dikutip dari Dailymail, studi yang dimuat dalam jurnal PLOS One ini memperlihatkan bahwa ketika peserta mengurangi kesibukannya di atas kursi kerja selama 21 menit, banyak perubahan yang terlihat pada status kesehatan mereka.

Hasil analisis menunjukkan bahwa mengurangi waktu duduk 21 menit sehari menurunkan kadar gula darah, demikian juga dengan kadar kolesterol, yang terkait dengan penyakit jantung. Bahkan hanya mengurangi waktu duduk 20 menit untuk berjalan kaki membuat massa otot kaki lebih padat.

Penulis utama studi, Dr Arto Pesola dari Universitas Jyvaskyla di Finlandia, mengatakan bahwa studi mereka ini menunjukkan bahwa mengurangi waktu duduk dalam fase kehidupan yang sibuk ini sangat disarankan.

“Pada orangtua sibuk ini pada awalnya mungkin berpikir bahwa menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka jauh dari latihan fisik yang mereka butuhkan. Namun, dengan ikut bermain bersama anak, mereka bisa mengurangi waktu duduk dan menjadi contoh yang baik untuk anak-anak,” kata Pesola, menyimpulkan.(SB|Kesehatan)

Comments