Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Pemberdayaan KIM Tahun 2017

Sentralberita| Sei Rampah~Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provsu menggelar kegiatan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2017 bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (14/6) siang.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Ikhsan AP ini dihadiri oleh Kadis Kominfo Provsu yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi Publik  Hj. Afini, SE beserta jajaran serta puluhan peserta dari beberapa Kim se- Kabupaten Sergai.

Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya tertulisnya yang dibacakan oleh Kadis Kominfo Ikhsan, AP mengutarakan di era keterbukaan informasi masyarakat saat ini, keberadaan KIM mempunyai peranan penting dan strategis dalam pengelolaan dan pemberdayaan informasi bagi masyarakat umum. Melalui pengelolaan informasi yang benar, diharapkan mampu memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dan mendorong perilaku masyarakat yang berkontribusi secara aktif dalam berbagai program pembangunan.

Oleh karenanya Bupati berharap setiap kecamatan bahkan setiap desa harus memiliki kelompok informasi sehingga arus lintas informasi dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya dari masyarakat kepada pemerintah dapat berjalan dengan baik dan terjadi kesepahaman diantara keduanya. Selain itu juga kelompok informasi masyarakat merupakan mitra pemerintah dalam meminimalisir maupun menghilangkan kesenjangan Informasi di masyarakat, antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya.

Dikatakan Bupati bahwa saat ini layanan informasi bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sudah tersedia berbagai saluran seperti loket layanan informasi PPID dan Media Center, layanan SMS, layanan pengaduan melalui Facebook maupun Website Pemkab Sergai. Oleh sebab itu akses informasi dari masyarakat kepada Pemkab Sergai sudah terbuka seluas-luasnya untuk berkomunikasi dan berkontribusi secara positif agar terwujud visi dan misi Kabupaten Sergai, ujar Bupati.

Sebelumnya Laporan Panitia Kegiatan Dra. Efi Zarnita, M.Si mengatakan maksud dan tujuan kegiatan di Sergai ini adalah untuk membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, keterampilan yang bermanfaat bagi segala aspek pembangunan kepada KIM sehingga dapat berdaya, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Sementara itu Kadis Kominfo Provinsi Sumut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Hj. Afini, SE mengemukakan bahwa dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan, maka perlu dilaksanakan dan dikembangkan dalam elemen masyarakat yaitu suatu kelompok untuk memberikan informasi yang tepat dan menyeluruh dan salah satu upaya ke arah tersebut yaitu adanya KIM.

Kemudian Hj. Afini menambahkan KIM adalah kelompok sosial masyarakat yang secara realitas muncul dalam komunitas kehidupan atau kumpulan individu yang mempunyai kesamaan tujuan dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Oleh karenanya masyarakat perlu diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri dan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi, katanya.

Ditambahkan oleh Hj. Afini bahwa KIM dibentuk salah satunya dari pilar pembangunan Provisi Sumut maupun Kabupaten Sergai yaitu inovasi, kolaborasi dan desentralisasi dengan tujuan memberikan informasi kepada warga yang khususnya ada di Sergai. Harapan kedepannya, dengan adanya KIM disetiap kewilayahan bisa memberikan informasi yang akurat tentang perkembangan Provinsi Sumut maupun Kabupaten Sergai, pungkas Afin (SB/Jhontob)

Comments