Begini Bahaya Makanan Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Sentralberita| Jakarta~ Bahaya makanan manis untuk kesehatan tubuh – Siapa sih yang tidak suka makanan manis?.Tapi makanan manis ternyata tidak baik untuk keseahtan?

Hal ini berlaku jika dikonsumsi secara berlebihan. Ya, seperti yang telah kita ketahui bahwa makanan manis tidak lepas dari kata diabetes. Memang salah satu penyebab penyakit diabetes adalah karena berlebihan mengkonsumsi makanan manis. Dan jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.
1. Kecanduan

Gula atau makanan manis memiliki sifat yang buruk bagi tubuh, hampir sama halnya dengan alkohol yang bisa membuat seseorang merasa kecanduan. Biasanya, saat seseorang mengkonsumsi gula atau makanan manis mereka akan merasa ketagihan. Saat mulai ingin meninggalkan makanan manis, mereka akan merasa lapar dan kembali mengkonsumsi makanan manis atau gula.
2. Permasalahan gigi

Mengapa gula dapat merusak gigi? Hal ini karena bakteri yang ada pada mulut dapat memecah karbohidrat serta makanan manis jadi asam. Akhirnya secara perlahan gigi menjadi rusak dan berlubang. Bakteri akan mengkonsumsi apapun yang berada pada celah-celah gigi. Hindarilah berbagai macam makanan manis seperti permen lunak, kismis, atau roti yang dapat merusak gigi.

3. Memicu kenaikan berat badan

Bukan hanya merusak gigi, tapi juga dapat memicu naiknya berat badan anda. Kebanyakan makanan manis mengandung kalori yang tinggi. Inilah yang menjadi penyebab kenaikan berat badan. Apalagi mengkonsumsi makanan manis tanpa dibarengi dengan olahraga rutin, maka akan dengan mudah berat badan meningkat.
4. Kerusakan sel otak

Mengkonsumsi gula atau makanan manis berlebihan juga berdampak buruk bagi otak. Memang makanan manis seperti cokelat bisa membuat otak kita menjadi lebih tenang, namun jika berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada sel otak. Berdasarkan penelitian tahun 2009 bahwa konsumsi gula memiliki kaitan erat terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.
5. Memberikan racun bagi organ hati

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa gula dan alkohol memiliki efek beracun bagi organ hati. Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ hati yang disebabkan karena kerusakan. Oleh sebab itu disarankan bagi semua orang agar mengurangi konsumsi gula atau makanan manis.
6. Diabetes

Diabetes memang sering dikaitkan erat dengan gula. Sebab, mengkonsumsi gula atau makanan manis merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian, bahwa gula adalah resiko terbesar diabetes. Apabila mengkonsumsi berlebihan akan membuat sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu, dan akibat tidak terkontrol maka akan terjadi peningkatan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.(SB/viva)

Comments

Tinggalkan Balasan