Pemprovsu Salurkan Kredit Berbunga Rendah 6,9 persen

kopMedan, (Sentralberita) -Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersiap mengucurkan kredit untuk koperasi dan usaha kecil dan menengah dengan suku bunga kredit di bawah Kredit Usaha Rakyat atau 6,9 persen.

“Pengucuran kredit yang diberi nama Kredit Paten akan dikucurkan bank milik daerah yakni Bank Sumut,” ujar Gubernur Sumut H T Erry Nuradi di Medan, Senin  (8/8).

Dia mengatakan itu pada acara peringatan Hari Koperasi ke -69 tahun 2016 Provinsi Sumut dan peresmian Gedung Pusat Promosi Koperasi dan UMKM di area Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).
Kredit dengan suku bunga 6,9 persen atau di bawah bunga KUR yang 9 persen itu dilakukan Pemprov Sumut untuk mendukung perkembangan koperasi dan  UMKM yang masih banyak mengalami hambatan khususnya permodalan di tengah potensi yang cukup besar.
Apalagi, kata dia, suku bunga kredit yang ditawarkan perbankan di luar KUR ada yang sampai mencapai 18 persen dan itu membuat pengusaha UMKM sulit mendapat suntikan modal.
“Rencananya Kredit Paten sudah bisa disalurkan Agustus ini juga. Program itu sudah mendapat dukungan  OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Kantor Regional 5,” katanya.
Dengan mendapat permodalan yang murah diharapkan, usaha koperasi dan UMKM di Sumut berkembang pesat sesuai potensinya.
Selain membantu di permodalan lewat pengucuran kredit murah, Pemprov Sumut berupaya membantu di bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM). promosi serta pemasaran. Bantuan di bidang SDM dilakukan dengan memberi pelatihan-pelatihan.
Sementara promosi dan pemasaran , salah satunya adalah dengan mendirikan Gedung Pusat Promosi dan Penjualan Produk Koperasi dan UMKM
 Diharapkan dengan langkah-langkah dukungan Pemprov Sumut ditambah pihak lain melalui CSR, UMKM dan koperasi Sumut semakin bisa memberi andil besar dalam peningkatan perekonomian Sumut.
 Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, M Zein menyebutkan hingga saat ini ada sekitar 2,5 juta UMKM dan 11 ribuan koperasi yang beroperasi di Sumut. Dari jumlah itu sekitar 80 persen aktif.
“Diakui masih banyak UMKM dan koperasi yang masih belum eksis.Namun sebagian sudah cukup mandiri bahkan produknya di ekspor,” katanya.

Menurut dia, dengan adanya Kredit Paten Bank Sumut diyakini akan sangat membantu UMKM dan koperasi menjalankan usahanya. (SB/01)

One thought on “Pemprovsu Salurkan Kredit Berbunga Rendah 6,9 persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *