Jangan Lupa, Inilah 5 Barang yang Wajib Dibawa Saat Dinas ke Luar Kota

Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-man-packing-clothes-in-a-suitcase-7365327/

sentralberita ~ Jika hendak bepergian ke lokasi yang jauh,barang yang wajib dibawa saat dinas ke luar kota harus Anda persiapkan. Jangan sampai ada benda-benda penting tertinggal yang justru akan membuat Anda kerepotan selama berada di kota orang. Selain mempersiapkan beberapa barang bawaan Anda juga harus memeriksa ulang ketika akan berangkat.

Selain itu, memperkirakan durasi perjalanan, waktu stay di luar kota, dan berapa jenis barang yang harus dibawa juga menjadi pertimbangan. Oleh karena itu, Anda harus membuat beberapa checklist kebutuhan yang akan dikemas untuk dibawa ke luar kota.

Inilah 5 Barang yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Bisnis

Apa saja barang wajib yang perlu dibawa saat perjalanan bisnis ke luar kota? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Peralatan Penunjang Kerja

Perlengkapan dinas ke luar kota yang tidak boleh Anda lewatkan adalah peralatan penunjang kerja. Biasanya, pihak kantor sudah memberikan rekomendasi barang bawaan yang harus Anda sediakan sebagai penunjang kegiatan.

1.      Laptop atau Tablet

Bagi pekerja, laptop sudah menjadi separuh nyawa. Karena itu, keberadaannya sangat urgen dan dibutuhkan dalam segala suasana. Apalagi untuk membuat sebuah laporan atau catatan pada kegiatan di hari penugasan. Jika memang laptop dianggap terlalu berat, maka pilihan untuk membawa tablet juga bisa digunakan.

2.      Buku Penunjang

Anda bisa membawa buku penunjang yang akan membantu Anda lebih cepat memahami materi yang akan dijelaskan selama dinas ke luar kota. Ketika Anda berperan sebagai utusan, maka pemahaman Anda sebagai peserta dinas tentu akan menjadi modal dalam eksekusi materi. Sementara itu, jika peran Anda adalah sebagai pemberi materi, maka buku penunjang akan semakin mematangkan konsep materi yang akan diberikan.

3.      Berkas-Berkas Penting

Penugasan ke luar kota yang membutuhkan berkas file fisik tentu harus dipersiapkan. Hal ini akan menunjukkan profesionalitas Anda dalam bekerja. Berkas yang membutuhkan tanda tangan juga file-file penting lainnya harus benar-benar dijaga agar tidak mudah disalahgunakan.

4.      USB dan File Penting

USB atau alat penyimpan data juga menjadi salah satu barang yang penting untuk Anda bawa selama perjalanan ke luar kota. Jika tak membutuhkan berkas fisik, maka file penting dalam bentuk digital juga harus Anda persiapkan. Dengan persiapan yang matang, maka kegiatan dinas ke luar kota akan lebih terkonsep, tertata, dan tidak ada missing concept.

Tingkat urgensi setiap utusan untuk keluar kota tentu berbeda. Maka, hal ini harus Anda persiapkan dengan baik, agar tidak merepotkan Anda selama berada di dalam kegiatan. Pilihan barang penunjang kerja di atas hanya sebuah contoh sehingga bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Jika memungkinkan, catat juga beberapa benda yang bisa digunakan sebagai cadangan sehingga Anda bisa mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan.

Perlengkapan Toilet

Perlengkapan toiletmenjadi salah satubarang yang wajib dibawa saat dinas ke luar kota, terutama untuk pembersih muka dan perlengkapan skincare pribadi. Jika dalam perjalanan dinas ke luar kota disediakan tempat menginap, umumnya perlengkapan mandi seperti sabun, sampo atau handuk sudah disediakan pihak hotel.

Meski demikian, tak ada salahnya Anda juga mempersiapkannya dari rumah. Bagi orang-orang tertentu, terkadang beberapa bahan dari luar bisa memicu alergi jika tak cocok. Jadi, Anda bisa lebih waspada untuk kebutuhan pribadi, termasuk perlengkapan toilet. Anda hanya perlu membawa travel pack toiletries atau ukuran mini agar lebih mudah dikemas dan dibawa.

Pakaian Ganti dan Baju Tidur

Pakaian ganti dan baju tidur juga menjadi barang yang harus dibawa saat perjalanan jauh. Apalagi jika banyak kegiatan yang dilakukan dalam satu hari, sehingga Anda hanya berkesempatan untuk numpang tidur saja di hotel. Jadi, Anda wajib membawa baju ganti dan pakaian tidur agar istirahat dan kegiatan bersantai Anda lebih nyaman.

Peralatan ibadah seperti sarung atau sajadah juga bisa menjadi pertimbangan untuk dibawa selama bepergian. Dengan mempersiapkan diri dengan detail, maka Anda akan lebih nyaman untuk beraktivitas dan bekerja dengan mood yang lebih baik.

Perlengkapan Elektronik

Beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat menginap lainnya adalah peralatan elektronik tambahan yang akan membantu Anda beraktivitas. Wajib membawa alat cas untuk laptop dan ponsel. Anda juga bisa membawa powerbank penambah daya dengan kondisi baterai yang full untuk kondisi yang tak terduga.

Jika dibutuhkan, Anda bisa membawa earphone atau headset untuk bekerja atau bersantai mendengarkan musik. Hotel tempat menginap akan memperkenankan Anda untuk mengisi daya semua peralatan elektronik yang bisa dimaksimalkan untuk bekerja dan bersantai. Beberapa di antaranya juga menyediakan WIFI yang bisa menunjang pekerjaan yang membutuhkan jaringan internet dalam pengerjaannya.

Kemeja

Anda yang sudah berencana pergi ke luar kota, tetapi merasa kemeja yang ada sudah cukup sering dipakai pasti memiliki niatan untuk kembali belanja kemeja baru. Di Blibli, Anda bisa dapatkan kemeja impian dengan harga murah, tetapi kualitas tak murahan. Blibli bisa menjadi salah satu marketplace andalan untuk dapatkan benda original dengan harga miring.

Salah satu toko kemeja online yang direkomendasikan Blibli sebagai partner penunjang kebutuhan Anda adalah The Executive. Ada banyak pilihan kemeja formal dan nonformal yang bisa dijadikan pakaian ganti ketika Anda pergi ke luar kota. Harganya bersaing dan kualitasnya jempolan. Beberapabarang yang wajib dibawa saat dinas ke luar kota di atas harus Andapersiapkan dengan baik.Jika semua berkas penting dan peralatan tambahan lainnya sudah dipersiapkan, maka Anda bisa bekerja dengan tenang dan fokus tanpa gangguan. Setelah kegiatan usai, Anda pun akan lebih nyaman untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh yang lelah.(SB/Rel)