Walkot PSP Ikuti Rapat Bersama Presiden

sentralberita | Sidimpuan ~ Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution mengikuti rapat bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan (16/9/2021).

Rapat yang dipimpin langsung Presiden RI juga diikuti Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi dan seluruh Bupati/Walikota se – Sumut.

Dalam pidatonya, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur Sumut dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), terus mendorong percepatan vaksinasi Covid-19. Presiden berharap vaksin yang sudah dikirim jangan berlama – lama disimpan digudang.

“ Saya tidak mau daerah memiliki stok vaksin digudang. Begitu datang, vaksin harus langsung disuntikkan ke masyarakat. Jika habis, minta lagi ke Gubernur. Kita terus berpacu dengan waktu”, kata Jokowi.

Ditegaskan Presiden, diawal mewabahnya pandemi, Indonesia sempat kesulitan dan kekurangan vaksin. Soalnya, negara yang memproduksi lebih mengutamakan rakyatnya. Namun, saat ini negara sudah memiliki stok vaksin, jelasnya.

Dikatakan Jokowi, sesuai data yang dia peroleh, capaian vaksinasi Sumut dosis pertama masih sekitar 25,7 persen dan dosis kedua baru 15,9 persen. Sedangkan dosis ketiga baru 47,4 persen.

Menurutnya, capaian itu cukup bagus. Namun, capaian itu harus terus ditingkatkan. Sehingga, seluruh masyarakat Sumut sudah di vaksin.

“Saya menyampaikan apresiasi kerja keras bapak/ibu sekalian. Namun, capaian itu masih jauh dari target. Makanya, tolong rangkul semua pihak agar target vaksinasi bisa segera selesai”, tegas Jokowi.

Sementara, Gubsu, Edy Rahmayadi mengatakan akan terus berupaya mempercepat vaksinasi ke masyarakat. Sebab, vaksinasi akan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari resiko terpapar Covid-19. Namun, dia juga tetap mengingatkan agar semua pihak tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita terus dorong vaksinasi sampai ke kabupaten/kota. Tetapi, vaksinasi bukan jadi alasan kita mengabaikan protokol kesehatan. Prokes tetap yang utama untuk saat ini”, ujar Gubsu.

Diungkapkannya, vaksinasi di Sumut telah menunjukkan hasil positif. Dimana, angka kematian penderita Covid-19 sudah turun dan sudah diangka 2,6 persen dan lebih rendah dari angka nasional yang masih berada di angka 3,24 persen. Begitu juga dengan angka kesembuhan sudah mencapai 93,3 persen dari sebelumnya hanya 62,8 persen, paparnya.

“Selain karena vaksinasi, kita juga terus menekankan agar masyarakat disiplin menjalankan prokes dan tetap memperkuat 3T”, jelas Edy Rahmayadi.

Sedangkan, Panglima TNI, Hadi Tjahjanto mengatakan Sumut perlu mengurangi kesenjangan perolehan vaksin di 33 Kabupaten/kota. Tujuannya, agar seluruh masyarakat Sumut lebih terlindungi dari resiko terpapar Covid-19.

“ Tidak boleh ada kesenjangan. Penanganan Covid -19 di Sumut harus dilakukan secara serentak di 33 kabupaten/kota”, tegas Panglima TNI.

Usai mengikuti rapat bersama presiden, Walikota Padngsidimpuan, Irsan Efendi mengatakan, akan segera menindak lanjuti arahan presiden. Khususnya dalam percepatan vaksinasi di Kota Padangsidimpuan bekerja sama dengan TNI/Polri.

Turut hadir secara virtual, Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir Arwin Siregar, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Waka Polres Padangsidimpuan, Kompol Syahril M, Kadis Kesehatan, Sopyan Subri. (SB/PH).