Peran Pelatih Penting Sukseskan PON 2024

sentralberita | Medan ~ Ketua Umum KONI Kota Medan Drs Eddy H Sibarani mengatakan keberadaan pelatih saat ini memiliki peran yang penting dan strategis. Apalagi kita juga ikut menyongsong pelaksanaan PON XXI Tahun 2024 yang berlangsung di Sumut Aceh.

Hal itu dikatakan Eddy Sibarani di ruang kerjanya Sekretariat KONI Kota Medan, Jl. Teladan, Rabu (39/6) sore, sehubungan telah berlangsungnya kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan Bagi Pelatih Cabor Berprestasi KONI Kota Medan 2021 pada akhir pekan.

“Salah satu  tujuan diselenggarakan pelatihan karena merupakan bagian dari persiapan KONI Kota Medan dalam menyambut pelaksanaan PON 2024. Kita ingin PON 2024 sukses dari sisi pelaksanaan dan juga sukses dari segi prestasi,” ucap Eddy Sibarani.

Pelatihan berlangsung 25 sampai 27 Juni di Hotel Sibayak Brastagi, Kab. Karo dengan diikuti pelatih dari 43 cabor dibawah naungan KONI Kota Medan. Kegiatan menghadirkan pemateri  Dr Imran Ahmad MPd, Dr Amir Supriadi MKes, Dr Rahma Dewi, Dr Amansyah MPd, dan nara sumber lainnya.

Menurut Ketua Umum KONI Kota Medan, pelatihan antara lain berisikan materi pembuatan program latihan bagi atlet-atlet binaan KONI Kota Medan. Juga evaluasi tentang hasil test fisik dan test kesehatan yang sudah dilakukan. “Dengan pelatihan ini diharapkan para pelatih dapat menyusun program dalam menyongsong Porprovsu, Kejurda, dan Selekda Sumatera Utara. Di mana Kota Medan menargetkan menjadi juara umum pada tiga kegiatan tersebut, yang juga menjadi sarana seleksi atlet ke PON 2024,” papar dia.

Dikatakan lagi, mengingat kegiatan digelar dalam suasana pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan Cegah Covid-19 yang ketat, maka dalam  pelaksanaannya pelatihan dibagi dalam tiga kelompok cabor.

“Kita membagi pelaksanaan pelatihan ke dalam tiga kelompok, yaitu untuk cabor bela diri, cabor permainan dan cabor akurasi. Kemudian untuk pematangan lanjutan, semua peserta bahkan sepakat pelatihan akan dilanjutkan lagi di Medan dalam bentuk presentasi dari masing-masing pelatih,” jelas Eddy Sibarani lagi.

“Hal ini tentu membanggakan, sebagai wujud partisipasi ikut mensukseskan gelaran PON 2024 khususnya dari sisi prestasi. Juga selaras dengan komitmen  Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM bersama Wakil Wali Kota H Aulia Rahman SE dalam membangun dan meningkatkan olahraga Kota Medan,” ucapnya.

“Kita sampaikan  penghargaan dan apresiasi untuk Pengcab/Pengkot, karena para pelatih antusias dan serius mengikuti semua sesi kegiatan kepelatihan,” kata Ketua Umum KONI Kota Medan mengakhiri keterangannya. (01/red)