Mahasiswa Aksi Tunggal Tuding Gubsu Tidak Bermartabat

sentralberita | Medan~ Seorang pemuda mengaku mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Irwan Pratama melakukan aksi tunggal penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), saat paripurna istimewa peringatan HUT ke 73 Provinsi sedang berlangsung di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (15/4/2021).

Pantauan kru Koran Mimbar Umum, mahasiswa tersebut masuk melalui ruang balkon lantai 2 paripurna, langsun meneriakkan ‘Hidup Mahasiswa, Tolak Kenaikan Harga BBM” saat Gubsu Edy Raymayadi sedang berpidato di hadapan pimpinan dan anggota dewan serta para undangan lainnya. Diantaranya Wagubsu Musa Rajekshah, Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, Kejatisu, Ketua Pengadilan Sumut, sejumlah mantan Gubsu, mantan Sekdaprovsu, hingga mantan Ketua DPRD Sumut.

Aksi tunggal mahasiswa tersebut langsung membuat heboh sidang paripurna yang semula tenang mendengarkan pidato Gubsu. Melihat adaya aksi tunggal mahasiswa tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi sempat menghentika sejenak pidatonya sembari melihat ke arah titik.protes tersebut.

Sehingga sejumlah petugas pengamanan gedung dewan dibantu petugas Satpol PP Provsu, langsung mengamankan mahasiswa tersebut. Saat diamankan sejumlah petugas, mahasiswa tersebut tetap melanjutkan aksi sembari berteriak kencang ‘Gubsu tidak bermartabat” di arena sidang paripurna tersebut.

Mahasiswa tersebut terus meneriakkan “Hidup Mahasiswa” saat dirinya diamankan petugas. “Saya Irwan Pratama, mahasiswa UIN Sumatera Utara. Saya mempertanyakan kenapa BBM bisa naik. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi tidak bermartabat, karena menaikkan BBM,”teriaknya.

Sejumlah petugas terus menggiring mahasiswa tersebut dari arena sidang paripurna ke luar gedung dewan. Bahkan seorang petugas berpakaian sipil meminta mahasiswa tersebut untuk tenang semabri membawanya ke ruang pertemuan umum gedung dewan.

APRESIASI GUBSU

Sebelumnya Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting membuka dan memimpin jalannya sidang paripurna istimewa Hari Jadi ke 73 Tahun Provinsi Sumatera Utara dengan tema ” Dengan HUT ke 73 Provinsi Sumatera Utara Kita Jalin Sinergitas dalam Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Menuju Sumut yang Bermartabat”. Gubsu Edy Raymayadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para Gubsu terdahulu.

Khususnya kepada mantan Gubsu Marahalim Harahap yang sukses menggiatkan dan menggelorakan semangat sepakbola di Sumut. Hingga membuat turnamen Marahalim Cup. Begitu juga mantan Gubsu Abdul Hakim tahun 1950-1953 yang sukses membawa Sumut menjadi Tuan Rumah PON ke 3 dan mendirikan kampus USU.. Begitu juga Raja Inal Siregar yang menggelorakan semangat membangun daerah lewat k kosepnya “Marsipature Hutanabe (Martabe) . “Akhirnya saya mengajak kita semua untuk selalu bersama memberikan masukan dan pemikiran untuk Sumatera Utara yang lebih baik , aman dan bermartabat,”katanya.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Gubsu juga menyampaikan penjelasan seputar Pergub yang disebut-sebut memicu kenaikan harga BBM tersebut. “Ini tidak.ada kaitannya dengan kenaikan BBM. Sebab kenaikan BBM merupakan kewenangan pusat,”katanya.

“Saya pertanggung jawabkan dunia dan akhirat apa yang saya lakukan ini, yang semata mata untuk.Sumatera Utara . Khususnya untuk menyelamatkan perekonomian Sumatera Utara yang saat ini masih dilanda covid 19,”tegasnya .(01/red)