Jelang Idul Fitri 2021, KPPU Kanwil I Sidak Peternakan Sapi dan Ayam

sentralberita|Deliserdang~Kepala Kantor Wilayah I KPPU Ramli Simanjuntak melakukan sidak ke usaha peternakan Feedloter sapi dan juga ayam potong di wilayah Sumatera Utara untuk memastikan pasokan maupun harga dua komoditi itu menjelang Hari Idul Fitri Tahun 2021.     

Kepala Kantor Wilayah I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Ramli Simanjuntak Kamis (29/4/2021) mengatakan berdasarkan pantauan di kandang feedloter bahwa harga di kandang adalah normal dan pasokan cukup.

Pasokan di feedloter PT Juang Jaya Abadi yang berlokasi di Talun Kenas, Kabupaten Deliserdang terdapat 1.300 ekor sapi dengan berat rata-rata 450 kg/ekor.   

Demikian juga pantauan di kandang feedloter lainnya di PT Indofarm  Sukses Makmur dan PT Lembu Andalas Langkat yaitu pasokan daging sapi cukup sampai bulan Juli 2021.   

“Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan,” tegas Ramli.    Dari hasil diskusi dengan David Yasin PT Juang Jaya Abadi menyampaikan bahwa di pasar daging sapi segar bersaing dengan daging sapi impor sehingga hal itu merupakan kendala yaitu berkurangnya permintaan pasar dibanding sebelum-sebelumnya.

Namun demikian dari feedloter memastikan bahwa pasokan aman dan harga terjaga untuk saat ini Rp48.000/kg.
   

Selain itu, Tim Kanwil I juga melakukan pemantauan terkait ketersediaan pasokan ayam potong dan telur ayam di Deliserdang.

“Berdasarkan hasil pemantauan kami, stok ayam dan telur dalam keadaan aman,” jelas dia.   Ramli Simanjuntak minta masyarakat agar tidak panic buying dan kepada pelaku usaha yang membeli sapi dari feedloter dan atau melakukan pemotongan di Rumah Potong Hewan untuk tidak mempermainkan harga jual daging sapi.

“Apabila hal tersebut terjadi maka KPPU Kanwil I Medan akan segera melakukan tindakan sesuai UU No. 5 Tahun 1999,” kata Ramli. (SB/wie)