Gubsu Bingung Janji saat Pilgub Ditagih GNPF-Ulama

sentralberita | Medan ~ Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi buka suara soal janji saat Pilgubsu yang ditagih GNPF Ulama Sumut. Edy mengaku tidak mengetahui soal janji terhadap GNPF itu.

“Apa itu? Nggak tahu saya. Yang belum terealisasi yang mana? Nanti tanya GNPF,” kata Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, dikutip Kamis (15/4).

Saat disinggung soal isi perjanjian untuk membela kepentingan Islam, Edy mengaku sudah melakukan itu. Dia mengatakan sudah memprioritaskan umat Islam di Sumut.

“Umat Islam kita prioritaskan semua,” ucapnya.

Memprioritaskan umat Islam, kata Edy, dicontohkan dengan tidak adanya larangan untuk beribadah di Sumut. Dia kemudian meminta agar GNPF menjelaskan kembali janji mana yang belum direalisasikan oleh dirinya.

“Waktunya salat, harus salat, waktunya ngaji harus ngaji, waktunya puasa harus puasa. Cek aja siapa yang menyampaikan itu,” jelasnya.

Sebelumnya, GNPF Ulama Sumut mengatakan pihaknya membuat komitmen dengan Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekhshah sebagai syarat dukungan di Pilgubsu 2018. GNPF menyebut hingga saat ini komitmen itu belum ada yang dijalankan.

“Jadi sejauh ini, sudah dua tahun ini, masyarakat beranggapan MoU itu belum dilaksanakan. Cenderung belum dilaksanakan. Dari kelima poin sesuai MoU itu nggak kelihatan komitmen Gubsu dilaksanakan. Itulah kemarin salah satu yang dibahas, menjadi rekomendasi untuk disampaikan,” ucap Ketua GNPF Ulama Sumut Aidan Nazwir kepada wartawan, dikutip Kamie (15/3).

Aidan kemudian menduga Gubsu dan Wagubsu lalai karena kesibukannya sehingga tidak menjalankan komitmen itu. Untuk itu, katanya, pihaknya akan mendesak agar komitmen itu dijalankan.

“Harapannya Pemprov komitmen dengan apa yang sudah ditandatangani. Kita berharap MoU itu tidak dikangkangi, atau dilupakan, kira-kira begitu,” tuturnya.
Adapun lima komitmen yang dibuat GNPF Ulama Sumut dengan pasangan Eramas sebelum Pilgubsu kemarin adalah:

  1. Berkomitmen membela kepentingan Islam, Umat Islam dan Ulama
  2. Berkomitmen menjaga keberadaan dan mensertifikasi masjid-masjid yang ada di Sumatera Utara secara bertahap
  3. Berkomitmen membangun ekonomi Islam dengan mewujudkan perbankan syariah
  4. Berkomitmen membangun Islamic Center
  5. Berkomitmen menjadikan GNPF Ulama Sumut, ormas Islam, para ulama serta umat sebagai mitra strategis dalam mengelola persoalan Sumut. (dtc)