Balai Latihan Kerja Segera Dibangun di Asahan

sentralberita|Kisaran ~Pemerintah Kabupaten Asahan berencana untuk membangun sebuah tempat untuk melatih para calon tenaga kerja atau biasa disebut sebagai Balai Latihan Kerja ( BLK).

“Pemerintah Kabupaten Asahan berencana akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK),Tujuannya agar para calon pencari kerja di Kabupaten Asahan memiliki kemahiran atau keterampilan sesuai bidang masing-masing untuk

memudahkan mereka memperoleh Pekerjaan seperti yang diinginkannya” Ucap Wakil Bupati Taufik ZA,S.sos.MSi disela-sela kunjungannya ke kantor BBPLK Medan,Selasa (6/4/2021) kemarin.

Menurut mantan Sekdakab Asahan ini,pembangun BLK tersebut adalah dalam rangka mengimbangi banyaknya perusahan yang hadir di Kabupaten Asahan.

Lebih lanjut Taufik mengatakan rencana Pembangunan Balai Latihan Kerja ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan memiliki keahlian di bidangnya sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Asahan Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera Yang Religius dan Berkarakter.

“Saat ini banyak angkatan kerja lulusan SMP dan SMA sederajat, sementara persaingan dunia usaha cukup ketat. Banyak diantara mereka akhirnya tidak diterima di pasar kerja, karena kompetensi yang dibutuhkan perusahaan tidak sesuai dengan pencari kerja. Sementara, saat ini perusahaan terus bermunculan di wilayah Kabupaten Asahan.” Ungkapnya.

Sebagai Salah satu langkah yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Asahan adalah menghadirkan BLK agar pencari kerja terlebih dulu dilatih sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga ketika mereka melamar pekerjaan bisa langsung diterima karena kompetensinya jelas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Nantinya akan banyak pelatihan yang disediakan dan kemungkinan akan mengadopsi negara-negara maju, misalnya program yang disediakan meliputi inhouse training dan on the job training untuk kejuruan, mesin industri, elektronika industri mekatronika dan sebagainya.” ujarnya.

Dengan mengikuti program tersebut, lanjut Taufik, nantinya peserta dibekali pelatihan dengan kompetensi untuk mengantisipasi perubahan teknologi dan kualifikasi pekerjaan yang berubah cepat. Selepas diklat mereka akan memiliki sertifikasi khusus, sehingga kompetensinya akan dihargai dengan jelas dan legal.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati juga berkesempatan mengunjungi warga Asahan yang sedang mengikuti Pelatihan berbasis Kompetensi di BBPLK medan.

Sementara itu Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali, S.S, M.A, Ph.D menyambut baik kehadiran Wakil Bupati dan beliau menyampaikan mendukung sepenuhnya niat baik yang disampaikan Wakil Bupati tentang rencana Pembangunan BLK di Kabupaten Asahan.

Muhammad Ali juga menyampaikan BBPLK Medan nantinya juga akan memberikan dukungan dalam menyiapkan calon Tenaga Kerja yang siap pakai serta berkualitas dan berkompeten sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja yang lain.(SB/ZA).