Mewujudkan Penegakan Hukum yang Presisi, Polresta Deli Serdang Gelar Rakor Penyidik dengan PPNS


sentralberita | Medan ~ Untuk memberikan kepastian dalam penegakan hukum yang Presisi, Satuan Reskrim Polresta Deli Serdang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penyidik dengan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Aula Tribrata Mapolresta Deliserdang, Rabu (31/3/2021) pagi.

“Tujuan rakor ini untuk meningkatkan sinergitas penyidik Polri dengan PPNS guna mewujudkan penegakan hukum yang prediktif, responsibilitas, transparan dan berkeadilan (Presisi),” kata Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang, Kompol M Firdaus, SIK, MH.

Dijelaskannya, rakor yang dipimpin Waka Polresta Deli Serdang, AKBP Julianto P Sirait, SH, SIK itu bertemakan, “Sinergitas Penyidik Polri dengan PPNS guna Mewujudkan Penegakan Hukum yang Prediktif, Responsibilitas, Transparan dan Berkeadilan”.

Kegiatan itu diawali sambutan Wakapolresta sekaligus membuka Rakorwas PPNS TA 2021. Kemudian paparan Kasat Reskrim tentang dasar hukum pelaksanaan tugas penyidik Polri dan PPNS.

“Saya juga menyampaikan data personel PPNS, dan juga penanganan perkara yang dilakukan PPNS di instansi masing-masing yang berada di wilayah hukum Polresta Deliserdang,” jelas mantan Kanit Buncil Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut tersebut.

Setelah itu, penyampaian pendapat oleh UPT II Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, Sopian Siregar serta ucapan terima kasihnya atas pelaksanaan rakor Polresta Deli Serdang.

“Kesimpulannya, terdapat kendala dalam pelaksanaan tugas PPNS yaitu pengangaran penyidikan, minimnya dukungan sarana dan prasarana, dan juga adanya tugas rangkap yang diemban personel PPNS,” terang Firdaus.

Kesimpulan lainnya, sambung Firdaus, untuk penanganan setiap perkara yang ditangani PPNS agar berkoordinasi dengan Polri, baik untuk kegiatan teknis dan taktisnya.

Dalam surat perintah penyidikan PPNS boleh saja ditandatangani oleh atasan langsungnya yang bukan PPNS. Tapi, dalam surat tersebut ditandatangani dengan keterangan atasan langsung “mengetahui” dan di sebelahnya ditanda tangani atasan PPNS.

“Jika PPNS mengalami kendala pada setiap pelaksanaan tugasnya, agar cepat berkoordinasi dengan penyidik Polri. Untuk kedepannya, akan dilakukan kembali koordinasi lebih intens kepada PPNS yang berada di wilkum Polresta Deli Serdang, tentang kendal-kendala yang dialami PPNS dan koordinasi yang baik antara penyidik Polri dengan PPNS,” pungkasnya, menambahkan, laporan kegiatan rakor tersebut ditembuskan kepada Wadir Reskrimsus, Wakapolresta Deli Serdang dan Kabagbin Ops Krimsus.

Peserta rakor berfoto bersama usai kegiatan di Aula Tribrata Mapolresta Deli Serdang, Rabu (31/3/2021). (01/red)