Irman Oemar: Sektor Pariwisata dan Agraris Berpotensi Dikembangkan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  Irman Oemar menjadi narasumber pada pembukaan Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat Tahun 2022, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Jalan T Amir Hamzah, Stabat, Rabu, (17/3). 

sentralberita|Langkat~Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  Irman Oemar menjadi narasumber pada pembukaan Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat Tahun 2022, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Jalan T Amir Hamzah, Stabat, Rabu (17/3).

Dalam paparannya, Irman menyampaikan, RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, mengingat secara subtansial merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD.

“Karena itu dokumen-dokumen rencana yang dihasilkan forum-forum proses perencanaan adalah bagian terpenting dalam mencapai program-program yang diamanahkan oleh kepala daerah, khususnya dalam pencapaian visi-misi-nya,” katanya.

Menurut Irman, ada dua prospek yang ada di Kabupaten Langkat, yakni yang pertama pembangunan sektor pariwisata yang terintegrasi dengan kawasan strategis nasional di kabupaten/kota lain. Kedua membuat program agraris yang terintegrasi. “Dua hal ini yang berpotensi untuk dikembangkan di daerah ini,” ujarnya.

Disampaikan juga, terkait Musrenbang, Gubernur Sumut mengimbau agar forum-forum terkait jangan dijadikan sebagai rutinitas. Karena dokumen-dokumen yang dihasilkan pada agenda ini memiliki makna yang sangat penting.

Dijelaskannya, ada tujuh agenda pembangunan yakni salah satunya membangun sinergisitas antara program pemerintah pusat, program pemerintah provinsi dengan program-program kabupaten/kota, khususnya Kabupaten Langkat.

“Catatan penting bagi Bappeda, bagaimana mengoptimalkan kawasan pariwisata yang ada di Kabupaten Langkat, khususnya bagaimana mengoptimalkan pengembangan potensi sejarah Melayu yang ada, serta pembangunan infrastruktur di Kabupaten Langkat,” paparnya.

Sementara Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin saat membuka Musrembang mengatakan,  Musrembang yang dilaksanakan tersebut bernilai strategis dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan nasional dan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakannya, proses Musrembang telah melalui tahap Musrembang tingkat desa, kelurahan dan kecamatan, serta forum gabungan perangkat daerah sampai dengan Musrembang tingkat kabupaten yang memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja Pemerintah Kabupaten Langkat tahun 2022.

Bupati berharap, seluruh pemangku kepentingan untuk memberi perhatian serta terlibat secara aktif dalam Musrenbang, sehingga tujuan Musrembang sebagai instrumen dan penganggaran partisipasi bisa terwujud. “Perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak saja mampu menyelesaikan permasalahn saat ini, namum mampu mengantisipasi permasalahan yang akan datang,” jelasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Langkat Sujarno menyampaikan, Musrembang RKPD tahun 2022 telah dilaksankan terlebih dahulu melalui forum konsultasi publik dan forum perangkat daerah, dan hasil pembahasan di 23 kecamatan.

Saat ini, katanya, yang menjadi aspirasi masyarakat terutama bidang infrastruktur dan transportasi selain bidang pertanian, peternakan. Diharapkannya Musrembang ini mampu menjawab permasalahan yang manjadi aspirasi masyarakat di Kabupaten Langkat.

Turut hadiri Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, Sekda Kabupaten Langkat Indra Salahudin, perwakilan Organisasi Kemasyarakatan dan seluruh OPD Kabupaten Langkat. (SB/01/H20)