CPNS Buka Kesempatan Lulusan SMA Buat Formasi Tenaga Tertentu

sentralberita | Jakarta ~ Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) 
Tjahjo Kumolo menyatakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terbuka untuk lulus SMA. Namun hanya pada formasi tertentu.

“Untuk SMA itu spesifik. Untuk sipir, penjaga tahanan atau penjaga rutan. Tidak perlu keahlian khusus,” tuturnya dalam video yang dikirim Tjahjo melalui aplikasi pesan, dikutip Jumat (19/3).

Selain itu, Tjahjo menerangkan sejumlah pekerjaan dan kebutuhan tenaga di daerah masih diizinkan diisi dengan tenaga honorer.

Ia mencontohkan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta misalnya, posisi tenaga kebersihan atau petugas parkir masih bisa diisi tenaga honorer.

“DKI perlu tenaga kebersihan, tenaga parkir, tenaga (pembersih) gorong-gorong, kan nggak harus PNS. Ambil saja honorer. Ambil saja satu tahun dua tahun (kontrak), asal (gaji) UMR silakan,” kata Tjahjo.

Dia menyatakan keputusan itu bisa dipertimbangkan daerah sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB).

Sementara untuk formasi lainnya yang ada di CPNS atau membutuhkan kemampuan khusus, Tjahjo menegaskan daerah tidak boleh merekrut tenaga honorer.

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan pendaftaran CPNS dan PPPK non-guru 2021 bakal dibuka Mei hingga Juni mendatang. Sementara kebutuhan formasi akan diumumkan akhir bulan ini. (cnn)