PKH Bantu Turunkan Kemiskinan di Kabupaten Batubara

sentralberita l Batu Bara ~ Pada Tahun 2019 yang lalu, Para pendamping sosial program keluarga harapan (PKH), telah mampu membantu Pemkab Batu Bara untuk menurunkan angka kemiskinan sebanyak 2884 kepala keluarga.

Pada tahun 2020 sebanyak 1961 kepala keluarga telah terlepas dari angka kemiskinan. Tentunya ini saya sangat bangga dan berterima kasih kepada Bapak dan ibu pendamping PKH.

Demikian dikatakan Bupati Batu Bara Ir Zahir yang didampingi Kadis Sosial Ishak liza, Ketua TBUPP Syaiful Syafri dan Kadis PMD Radiansyah saat penutupan acara pemantapan sumber daya manusia (SDM) program keluarga harapan (PKH) di Hotel Niagara Prapat Kabupaten Simalungun, Rabu (24/02/2021)

Menurut Bupati, Sejak Maret Tahun 2020 lalu, di Kabupaten Batu Bara telah terjadi musibah pandemi covid 19, serta bencana alam seperti banjir dan angin puting beliung untuk itu para pendamping PKH perlu ditingkatkan kapasitas dan kualitasnya sebagai Pendamping PKH,

“Harapan Bupati, PKH bisa menjadi mitra Pemkab Batubara sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin dan bermanfaat berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi,ujarnya

Demikian Kadis sosial Ishak mangatakan Melalui pertemuan ini, saya berharap tenaga pendampingan PKH tidak sebatas memahami pola kerja penanganan kode etik sebagai pendamping sosial PKH sesuai permen Sosial RI Nomor 1 tahun 2018 dan peraturan Dirjen Perlindungan dan jaminan sosial Nomor 1 Tahun 2018.

“Tetapi memahami juga peran serta dalam mengatasi ekonomi di masa pandemi ini. Dan acara sudah berlangsung tiga hari mulai tanggal 23 s/d 25-2-2021, dan menghadirkan moderator di bidang program PKH,sebutnya (ru/red)