Liga Champions: PSG Bantai Barcelona 4-1

sentralberita | Jakarta ~ Paris Saint-Germain (PSG) menang telak 4-1 atas Barcelona di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (17/2) dini hari waktu Indonesia.

Pada menit ke-14, Barcelona memiliki peluang melalui tendangan Antoine Griezmann usai memanfaatkan operan dari Pedri, namun masih bisa ditangkap Keylor Navas.

PSG mencoba membalas serangan Barcelona lewat peluang dari striker Mauro Icardi pada menit ke-19. Akan tetapi, Icardi membuang peluang emas tersebut setelah tembakannya usai satu lawan satu dengan kiper bisa diblok Marc-Andre Ter Stegen.

Barcelona kembali menyerang PSG pada. Blaugrana cukup mendominasi permainan hingga pertengahan babak pertama.

Barcelona memiliki kesempatan unggul lebih dahulu di babak pertama setelah diberikan penalti. Frenkie de Jong dilanggar Kurzawa. Tendangan Lionel Messi ke pojok kiri atas gawang PSG tidak bisa dibendung Navas meski terbaca mantan kiper Real Madrid itu.

Tim tamu PSG mencetak gol balasan pada menit ke-31 melalui Kylian Mbappe. Gol itu tercipta lewat kerja sama apik.

Usai menerima umpan lambung dari tengah, Layvin Kurzawa memberikan umpan tarik kepada Marco Verratti yang sudah berada di kotak penalti. Verratti lalu mengoper kepada Mbappe, kemudian melewati pemain Barcelona dan melepaskan tendangan kaki kiri yang berujung gol.

Ancaman terus diberikan PSG ke pertahanan Barcelona. Pada menit ke-35 tendangan bisa ditepis Ter Stegen.

Griezmann membuang kesempatan membawa Barcelona kembali unggul di menit ke-37. Setelah menerima operan dari Messi, Griezmann menggiring bola hingga ke kotak penalti PSG. Akan tetapi, penyelesaian akhir Griezmann masih melebar di sisi kiri gawang tuan rumah.

Menjelang babak pertama usai, sundulan Icardi hasil umpan silang Mbappe di menit ke-45 juga masih melebar tipis di sisi kiri gawang Ter Stegen. Babak pertama kedua tim bermain 1-1.

Di awal babak kedua Mbappe nyaris mencetak gol keduanya pada laga tersebut. Hanya saja, tendangan placing Mbappe dari luar kotak penalti masih melebar di sisi kiri gawang Barcelona.

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan Ter Stegen pada awal babak kedua. Tendangan Moise Kean yang sempat membentur Jordi Alba bisa ditepis kiper asal Jerman itu di menit ke-50.

Mbappe mencetak gol keduanya dalam laga ini membawa Les Parisiens unggul 2-1 atas Barcelona di menit ke-65. Lewat serangan balik, Daniel Paredes memberikan umpan jauh kepada Alessandro Florenzi.

Florenzi langsung melepaskan umpan tarik kepada Mbappe. Lantaran umpan itu gagal disapu bersih Gerard Pique, Mbappe dengan mudah kembali membobol gawang Barcelona dengan kaki kiri.

Keylor Navas nyaris membuat kesalahan yang bisa membuat gawang PSG bobol kedua kalinya. Navas mencoba memain-mainkan bola yang dibayangi Griezmann.

Beruntung, tendangan Navas yang membentur Griezmann masih melebar tipis di sisi kiri gawang PSG, dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Petaka kembali didapat tim asuhan Ronald Koeman itu saat Pedri melanggar Presnel Kimpembe yang menghasilkan tendangan bebas.

Tendangan bebas yang dilakukan Leandro Paredes menjadi umpan matang bagi Moise Kean. Sundulan Kean yang tidak terjaga ketat pemain Barcelona membobol gawang Ter Stegen untuk ketiga kalinya pada laga ini di menit ke-70.

Barcelona makin hancur setelah Mbappe mencetak hattrick pada menit ke-85. Lewat serangan balik, pemain pengganti Julian Draxler memberikan umpan apik kepada Mbappe. Tanpa kesulitan, Mbappe membuat Ter Stegen memungut bola untuk keempat kalinya.

Tanpa tambahan gol, PSG menang 4-1 atas Barcelona. Hasil ini jadi modal berharga tim asuhan Mauricio Pochettino untuk leg kedua babak 16 besar di kandang sendiri.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Dest, Pique, Lenglet, Jordi Alba; De Jong, Busquets, Pedri; Messi, Griezmann, Dembele

PSG: Navas; Florenzi, Marquinhos, Kimpembe, Kurzawa; Gueye, Paredes, Verratti; Kean, Mbappe, Icardi